Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing Tertua di Dunia, Ada yang Berusia 6.000 Tahun

Kompas.com - 18/03/2023, 19:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing telah lama menjadi sahabat manusia. Sejumlah penelitian menunjukkan anjing pertama kali dijinakkan pada 40.000 tahun lalu.

Bukti fosil juga mengungkapkan anjing telah menjadi sahabat manusia sekitar 14.000 tahun lalu. Terlepas dari itu, ras anjing tertua akan memiliki garis keturunan yang bisa jadi berasal dari masa berbeda-beda. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Asal Korea, Beberapa Hampir Punah

Sebuah studi terbaru dari Nature memusatkan perhatian pada ras anjing tertua atau purba yang DNA-nya menunjukkan bahwa mereka berasal dari ras paling populer saat ini, seperti Golden retriever dan Labrador retriever.

Untuk mencari tahu anjing apa yang pertama kali ada di bumi (atau berkembang biak), sebuah data dari Canine Genome Project dan Nature and Science Magazine menentukan ras anjing tertua berdasarkan penelitian terbaru saat ini.

Dilansir dari AZ Animals, Sabtu (18/3/2023), berikut tujuh ras anjing tertua di dunia yang masih ada dipelihara sampai sekarang. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Asal Australia, Kuat dan Pekerja Keras

Basenji (Lebih dari 6.000 tahun lalu)

Ilustrasi anjing Basenji.PIXABAY / Aleksandr Tarlõkov Ilustrasi anjing Basenji.
Meski beberapa sumber mungkin mencantumkan ras anjing berbeda sebagai yang tertua, penelitian genetik menunjukkan Basenji adalah ras anjing tertua di dunia.

Basenji adalah nenek moyang anjing Mesir, tetapi beberapa orang mengklaim ras anjing tertua ini berasal dari Afrika. 

Pada masa lalu, Basenji digunakan untuk berburu hewan buruan kecil dan mengendalikan hewan pengerat di desa-desa.

Mempertahankan sifat-sifat nenek moyangnya, Basenji memiliki kepribadian lebih mirip kucing seperti sangat jarang menggonggong dan menjaga kebersihan tubuh. 

Basenji dijuluki "anjing yang melompat-lompat" karena kemampuannya melompat secara vertikal di rerumputan tinggi. Anjing absenji juga membutuhkan banyak latihan dan stimulasi mental.

Basenji sangat cerdas dan mempelajari baik semua perintah yang diajarkan, tetapi bisa sedikit keras kepala. Jangan melepaskan Basenji tanpa tali gegang karena dapat melesat keluar dari pintu yang terbuka dan memanjat pagar saat naluri berburunya muncul.   

Baca juga: Alasan Anjing Basenji Tidak Menggonggong

Akita inu (Diperkirakan lebih dari 5.000 tahun lalu)

Ilustrasi anjing Akita inu.Shutterstock/Ann Tyurina Ilustrasi anjing Akita inu.
Ada perdebatan signifikan tentang asal-usul anjing Akita inu. Pada 1962, arkeolog Jepang menemukan tulang-tulang dari dua anjing taring di situs penampungan Kamikuroiwa Rock. 

Penanggalan karbon menempatkan tanggal kedua anjing ini antara 9.200 dan 9.400 tahun  lalu, waktu yang jauh sebelum asal-usul banyak ras anjing dalam daftar ini.

Banyak yang menganggap penemuan ini menjadikan Akita inu sebagai ras anjing tertua di dunia. Ras anjing Akita inu adalah bagian dari keluarga Husky.

Akita inu adalah jenis anjing yang tak kenal takut, tenang, berwibawa, sangat setia kepada keluarganya, menjadikannya pasangan yang sangat cocok untuk anjing terapi, anjing polisi, dan hewan peliharaan. 

Halaman:
Sumber AZ Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com