Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing Besar yang Cocok untuk Keluarga, Setia dan Penyayang

Kompas.com - 03/06/2023, 08:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras anjing besar yang ramah keluarga di dunia. Akan tetapi, beberapa ras anjing tertentu terkenal karena sikapnya yang setia, penyayang, dan lembut, meskipun tubuhnya besar.

Dikutip dari The Spruce Pets, Sabtu (3/6/2023), setiap anjing berbeda, dan pelatihan serta sosialisasi yang tepat diperlukan untuk memastikan setiap anjing yang Anda bawa ke dalam keluarga mempertahankan temperamen dan perilaku yang lembut.

Jika Anda memiliki buah hati, ia harus diajari untuk menghormati dan menyayangi anjing peliharaan dan memberi mereka ruang yang mereka butuhkan. Bahkan anjing yang paling sabar dan toleran pun dapat didorong hingga batas kemampuannya oleh anak yang terlalu bersemangat atau kasar.

Baca juga: Jenis Lantai Rumah Terbaik dan Terburuk jika Ada Anjing Peliharaan

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.PIXABAY/chiemsee2016 Ilustrasi anjing Labrador Retriever.

Berikut ini beberapa ras anjing besar yang cocok untuk keluarga.

1. Labrador Retriever

Dari kepribadian yang manis dan penuh kasih hingga antusiasme yang tiada akhir, ada banyak hal yang disukai dari anjing Retriever Labrador. Anjing ini dikenal karena kecerdasan dan temperamennya yang baik.

Awalnya dibiakkan sebagai anjing pemburu, Labrador Retriever adalah teman yang sangat baik dan lebih mudah dilatih daripada ras anjing lain.

Oleh karena itu, anjing ini banyak bekerja sebagai anjing pemandu untuk orang buta, penyandang cacat, anjing terapi, serta pencarian dan penyelamatan.

Baca juga: 11 Ras Anjing Medium yang Menggemaskan, Cocok Jadi Peliharaan

2. German Shepherd

Anjing German Shepherd atau Gembala Jerman telah lama bertugas sebagai anjing pemburu dan penggembala di Jerman. Anjing ini juga bekerja dengan polisi, SAR, dan militer karena kecerdasan dan sikap pekerja keras mereka.

Dalam hal memilih anjing untuk keluarga, anjing ini sangat setia dan penyayang, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk keluarga yang aktif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com