Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing Keluarga Terbaik yang Lucu dan Menyenangkan

Kompas.com - 06/02/2023, 20:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki anjing peliharaan di rumah dapat memberi kebahagian dan mengusir stres.

Namun, memilih anjing keluarga yaang terbaik tak bisa dilakukan secara asal. Gampangnya, memilih anjing keluarga harus sesuai dengan kepribadian Anda. 

Baca juga: 5 Suara Anjing dan Artinya, dari Menggonggong hingga Mengerang

Misalnya, mengikuti kesibukan rumah tangga, anjing yang bisa diajak berjalan-jalan, anjing yang bisa diajak bersantai pada pagi hari, atau anjing yang suka meringkuk sehingga Anda tak khawatir meninggalkannya lama saat bekerja.

Namun, seperti halnya penampilan dan definisi keluarga yang telah berkembang selama bertahun-tahun, begitu pula harapan akan anjing keluarga terbaik.

Michelle Beck, dokter hewan di Backlund Animal Clinic, Omaha, Amerika Serikat, menyesuaikan anjing dengan gaya hidup Anda adalah hal penting dari sudut pandang kualitas hidup. 

Jika Anda adalah tipe orang yang tinggal di rumah dan memiliki anjing dengan banyak energi atau sangat aktif, anjing tersebut akan merasa bosan dan mulai bertingkah. 

Anjing keluarga terbaik adalah memiliki kepribadian santai, lembut, penyayang, menyenangkan, serta ramah dan akrab untuk anak-anak dan lansia. 

Nah, disadur dari Daily Paws, Jumat (26/8/2022), berikut sejumlah ras anjing terbaik untuk keluarga. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Berbulu Kasar yang Populer dan Banyak Dipelihara

Labrador retriever

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.PIXABAY/chiemsee2016 Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Keserbagunaan Labrador retriever yang tangguh bukan rahasia lagi: Labrador retriever telah menjadi ras anjing paling populer di Amerika Serikat setiap tahun sejak 1991.

Labrador tak hanya menjadi anjing keluarga terbaik, tapi juga teman berburu dan berkemah. Labrador retriever memiliki kepribadian yang sangat mudah bergaul, sabar dengan anak-anak yang usil, serta tidak mudah terluka oleh permainan kasar dan jatuh. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Spaniel Paling Populer dan Bersahabat

Irish setter

Anjing berenergi tinggi lainnya yang cocok untuk keluarga adalah Irish setter. Ras anjing ini menjadi pilihan tepat untuk orang-orang dengan gaya hidup aktif atau memiliki halaman belakang untuk berlari serta bermain dengan mainan di luar ruangan.

Irish setter adalah salah satu anjing keluarga terbaik karena akrab dengan anak-anak dan anjing lainnya, sangat pintar, mudah dilatih, serta memiliki kekuatan dan ukuran yang cukup untuk melakukan petualangan atau aktivitas apa pun selama yang Anda inginkan.  

Baca juga: 7 Ras Anjing Hitam yang Populer dan Banyak Dipelihara

Newfoundland

Ilustrasi ras anjing Newfoundland. PIXABAY/4598242 Ilustrasi ras anjing Newfoundland.
Anjing Newfoundland lebih berfokus pada kepribadian dan temperamen daripada ciri-ciri fisik. Ini berarti setiap Newfoundland yang "sejati", sebagaimana para penggemar menyebutnya, adalah anjing yang cerdas, sabar, pemarah, juga setia.

Dengan kata lain, Newfoundland cocok menjadi anjing terbaik untuk keluarga. Sebagai anjing pekerja, Newfoundland mampu belajar dan mengikuti petunjuk dengan cepat, membuat keputusan secara mandiri, serta memiliki naluri alami untuk menjaga dan mengasuh orang-orangnya.  

Baca juga: 6 Ras Anjing yang Hanya Memiliki Bulu Berwarna Putih

French bulldog 

French bulldog merupakan anjing keluarga favorit bagi penghuni apartemen. Anak anjing yang sangat mudah beradaptasi ini merespons pelatihan dengan baik, hanya membutuhkan sedikit ruang atau latihan, dan memiliki reputasi sebagai sahabat yang penuh kasih sayang dan pendiam.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com