Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2023, 10:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama musim liburan, Anda mungkin kewalahan dengan daftar tugas, dari memilih hadiah yang sempurna, menebang pohon terindah, hingga membuat makanan lezat untuk dibagikan.

Dengan banyaknya tugas, Anda mungkin tidak dapat mendedikasikan waktu sebanyak yang biasanya dilakukan untuk anjing dan kucing sehingga hewan peliharaan dapat melakukan berbagai kenakalan. 

Baca juga: Bahaya, Ini 8 Makanan Beracun yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing

Barang-barang rumah tangga yang keluar dari loteng setahun sekali, menggoda hewan peliharaan untuk membuat masalah jika Anda tidak berhati-hati.

Misalnya saja, tertarik pada pohon Natal. Dilengkapi dengan lampu-lampu berkilauan, pernak-pernik berkilau, dan ketinggian yang sempurna untuk dipanjat atau dikunyah, banyak pohon Natal yang dirusak oleh hewan peliharaan.

Namun, pernahkan Anda berpikir apakah pohon Natal beracun untuk anjing dan kucing

Bahaya pohon Natal untuk hewan peliharaan 

Ilustrasi pohon Natal dan kucing.Shutterstock/Sharomka Ilustrasi pohon Natal dan kucing.
Pohon Natal, baik dengan hiasan atau tidak sama sekali, menarik perhatian kucing dan anjing peliharaan. Namun, hal ini juga bisa menjadi ancaman bagi teman berbulu Anda.

Sebelum memasang ornamen Natal atau menghias pohon Natal, ada sejumlah potensi bahaya yang perlu dipertimbangkan seperti dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (19/12/2023).  

Baca juga: Hati-hati, 8 Tanaman Hias Ini Beracun untuk Anjing Peliharaan

  • Pohon hidup

Pohon cemara dan pinus merupakan pohon Natal yang sangat baik dan umumnya tidak beracun bagi hewan peliharaan.

Namun, jarum-jarumnya dapat menyebabkan iritasi mulut dan dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Pohon Natal buatan

Meski bebas minyak dan getah, pohon Natal palsu dapat menyebabkan masalah pencernaan, tergantung pada bahan apa yang membentuk pohon tersebut. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Beracun untuk Burung Peliharaan

  • Air yang diberi pupuk 

Jika memasang pohon Natal sehari setelah Thanksgiving (akhir November), Anda harus memastikan pohon bertahan hingga Natal dengan menambahkan pupuk atau pengawet ke dalam air.

Bahan kimia, jamur, dan bakteri ini dapat membuat hewan peliharaan sakit jika mereka minum dari dudukan pohon.

  • Ornamen 

Hewan peliharaan mungkin mengira pernak-pernik kaca, kenang-kenangan dari tanah liat, dan ornamen keramik adalah mainan yang sangat bagus untuk dipukul, tetapi ini dapat jatuh ke lantai dan pecah, melukai cakar anjing serta kucing. 

  • Lampu

Cahaya yang menyilaukan dapat membuat kucing penasaran dan menyenangkan anjing, tetapi dapat membuat sahabat bulu tersedak serta menyebabkan luka bakar akibat listrik.  

Baca juga: Jangan Ditanam, Ini 5 Bunga yang Beracun untuk Kucing Peliharaan

Tanaman liburan yang beracun untuk hewan peliharaan 

Ilustrasi anjing bermain di pohon Natal.Shutterstock/dezy Ilustrasi anjing bermain di pohon Natal.
Selain daya tarik utama musim Natal, tanaman liburan lainnya juga dapat menyebabkan keracunan pada hewan peliharaan. Berikut tanaman liburan yang beracun untuk hewan peliharaan sehingga perlu menghindarinya saat mendekorasi rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com