Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing Asal Afrika yang Populer dan Menawan

Kompas.com - 16/01/2024, 08:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Afrika adalah benua dengan keanekaragaman yang luar biasa, dari warisan budaya yang kaya, sejarah yang panjang, hingga beragam flora dan fauna yang unik.

Soal fauna, Afrika memiliki sejumlah ras anjing menawan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Ras anjing Afrika menawarkan beragam karakteristik dan kepribadian yang sesuai dengan gaya hidup apa pun, dari ceria, santai, hingga energik.  

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Terlihat Mirip Singa, Penyayang dan Setia

Namun, saat ini, ras anjing asal Afrika telah menyebar dan menjadi anjing peliharaan di beberapa rumah di dunia. Lantas, apa saja ras anjing Afrika tersebut? 

Disadur dari Animal Wised, Selasa (16/1/2024), berikut sejumlah ras anjing asal Afrika yang populer dan menawan

Basenji

Ilustrasi anjing Basenji. Shutterstock/George Trumpeter Ilustrasi anjing Basenji.
Basenji adalah jenis anjing pemburu kecil dan anggun yang berasal dari Afrika Tengah. Dikenal juga sebagai "anjing tanpa gonggongan", Basenji dikenal karena vokalisasinya yang unik, termasuk yodel, lolongan, dan terkekeh.

Secara fisik, Basenji dibedakan dari bulunya yang pendek dan halus, bisa berwarna merah, hitam, belang-belang, atau tiga warna.

Selain itu, Basenji juga dikenal karena ekornya yang tinggi dan melengkung, matanya yang ekspresif dan waspada, serta telinganya yang tajam.

Meski ukurannya kecil, Basenji adalah ras berotot dan atletis yang unggul dalam olahraga berburu serta ketangkasan.

Besenji juga dikenal cerdas dan mandiri sehingga sulit melatihnya. Namun, dengan sosialisasi dan pelatihan tepat, anjing Basenji dapat menjadi teman setia dan penuh kasih sayang yang cocok untuk hidup di berbagai lingkungan. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Asal Spanyol yang Mendunia 

Azawakh

Ilustrasi anjing Azawakh.Shutterstock/Aneta Jungerova Ilustrasi anjing Azawakh.
Azawakh adalah ras anjing pemburu yang berasal dari Afrika Barat, khususnya di Mali, Niger, dan Burkina Faso.

Nenek moyang Azawakh Greyhounds dibiakkan masyarakat Tuareg—suku semi nomaden yang berasal dari wilayah Gurun Sahara di Afrika Barat.

Azawakh terutama digunakan sebagai anjing pemburu serta dianggap sebagai simbol status dan jimat oleh masyarakat Tuareg.

Karena pentingnya Azawakh bagi suku tersebut, ras anjing asal Afrika yang populer dan menawan ini tetap terisolasi di wilayah tersebut selama berabad-abad, dengan sedikit perkembangbiakan di luar komunitas Tuareg.

Baru pada 1970-an, ras anjing Afrika ini diperkenalkan ke Eropa dan mulai mendapatkan popularitas sebagai anjing pertunjukan. 

Azawakh memiliki tampilan tinggi dan ramping dengan kaki panjang, yang memberikan gaya berjalan yang anggun serta elegan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com