Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing yang Tidak Cocok untuk Anak-anak, Galak dan Bisa Gigit

Kompas.com - 02/11/2023, 08:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seekor anjing dapat menjadi tambahan luar biasa bagi keluarga, terutama jika memiliki anak di rumah. 

Anjing dapat menjadi teman bermain dan penjaga bagi anak-anak, mengajarkan tanggung jawab sambil menawarkan cinta tanpa batas, serta membantu anak-anak mempelajari beberapa keterampilan yang membantu mereka menjadi orang dewasa muda yang hebat. 

Baca juga: Doberman Jantan Vs Betina, Mana yang Terbaik untuk Anjing Peliharaan?

Namun, anjing bukanlah mainan. Terkadang, ketika anak-anak memperlakukan mereka seperti itu, anjing bisa berubah agresif, bahkan menyebabkan cedera atau memberikan gigitan.

Ditambah, tidak semua ras anjing ramah dan cocok dengan anak-anak. Kebanyakan anjing tidak suka berteriak atau suara bernada tinggi, orang yang menatap matanya, atau gerakan cepat yang canggung.

Selain itu, anjing cenderung menghormati figur otoritas dan mengikuti perintah pemimpin kelompoknya, biasanya orang tua atau anggota rumah tangga yang sudah dewasa tanpa menghiraukan anak-anak.

Anjing ini lebih mandiri, sulit dilatih, dan kurang memaafkan anak kecil yang suka bermain kasar atau tidak memperhatikan ke mana mereka melangkah atau apa yang mereka ambil. 

Maka itu, perlu menghindari memelihara ras anjing tersebut di rumah yang memiliki anak-anak demi keselamatan dan keamanan si kecil. 

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (2/11/2023), berikut ras anjing yang tidak cocok untuk anak-anak.  

Baca juga: Bolehkah Memandikan Anjing dengan Sabun dan Sampo Manusia?

Weimaraner

Ilustrasi anjing Weimaraner.Shutterstock/Kwadrat Ilustrasi anjing Weimaraner.
Weimaraner adalah ras anjing yang bermata cerah dan cantik, tetapi tidak terlalu baik dengan anak-anak. Weimaraner dibiakkan untuk berburu hewan buruan besar. Dari segi ukuran, anjing memiliki berat terlihat sangat mirip dengan anak di bawah usia 13 tahun.

Meski sifat ini tidak berarti Weimaraner akan terus berburu ketika berada di rumah, hal ini berarti bahwa ras anjing ini dikenal suka bermain kasar dengan manusia, terutama jika  tidak mendapatkan latihan dan perhatian yang cukup.

Weimaraner membutuhkan rutinitas teratur dan banyak waktu untuk berlari, berjalan, serta bermain jika mereka ingin berperilaku baik.

Hal ini tidak muda jika Anda sering bepergian sehingga sebaiknya memilih ras anjing lainnya.  

Baca juga: 6 Arti Warna Lidah Anjing, Dari Hal Normal hingg Penyakit Serius

Chihuahua

Karena ukurannya yang kecil, banyak orang beranggapan Chihuahua cocok untuk keluarga dengan anak kecil.

Padahal, Chihuahua menjadi ras anjing yang tidak cocok untuk anak-anak. Chihuahua mengandalkan mulutnya untuk melindungi mereka di tempat yang tidak bisa dilindungi oleh perawakannya, bereaksi dengan gonggongan dan terkadang gigitan saat merasa perlu membela diri.

Banyak anjing Chihuahua yang menyukai ruang pribadi mereka. Ras anjing ini akan memberikan banyak isyarat sosial jika ada orang lain di luar pengasuh utama mereka memasuki zonanya, membuat mereka merasa tidak nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com