Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2023, 20:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, anjing peliharaan memiliki sesuatu yang dibenci, termasuk hal-hal yang dilakukan manusia atau pemiliknya. 

Banyak pemilik anjing peliharaan mungkin tidak menyadarinya. Namun, hal-hal yang membuat anjing kesal berbeda dengan sesuatu membuat manusia jengkel dan marah.  
Baca juga: Bukan Lihat Hantu, Ini 10 Penyebab Anjing Menggonggong pada Malam Hari

Bahkan anjing yang paling santai pun akan membenci beberapa hal yang dilakukan manusia. Beberapa hal memang tidak dapat dihindari, seperti kunjungan ke dokter hewan atau perawatan.

Namun, ada cara lain yang bisa dicoba untuk membuat anjing peliharaan tenang. Tidak ada dua anjing yang sama persis, jadi apa yang dibenci seekor anjing bisa jadi disukai anjing lainnya.

Berikut sejumlah perilaku manusia yang dibenci anjing disadur dari Treehugger, Selasa (29/8/2023).  

Baca juga: 4 Cara Mencegah Anjing Menggigit Orang dan Hewan Lain

Memeluk anjing 

Ilustrasi anjing mengendus stres manusiaSHUTTERSTOCK / Anton Kositcyn Ilustrasi anjing mengendus stres manusia
Meski senang memeluk sahabat bulu, sebagian besar anjing tidak menyukai pelukan. Tindakan ini dianggap sebagai tindakan dominasi jika seekor anjing meletakkan kaki depan atau cakarnya di punggung anjing lain alih-alih rasa persahabatan dan dukungan.

Banyak anjing yang akan menoleransi hal ini dengan lapang dada, tetapi beberapa anjing akan merasa terancam, takut, atau marah.

Perlu diingat, anjing peliharaan yang sama yang menikmati pelukan satu orang mungkin akan bereaksi sangat berbeda dengan anggota keluarga lain yang mencoba hal sama.

Jika bertanya-tanya apakah anjing membenci pelukan Anda, perhatikan bahasa tubuhnya saat memeluknya. Apakah anjing tegang? Memalingkan kepalanya dari Anda? Menghindari kontak mata?

Menjilat bibirnya? Menjaga mulutnya tetap tertutup? Menarik telinganya ke belakang kepalanya? Semua ini adalah tanda-tanda anjing merasa tidak nyaman.

Jadi, jika Anda ingin memeluk anjing, gunakan sinyal-sinyal ini untuk mengetahui apakah sahabat bulu tidak keberatan atau tidak. 

Baca juga: Alasan Anjing Berguling-guling di Rumput dan Cara Menghentikannya

Mengelus wajah atau menepuk kepalanya

Selanjutnya, perilaku manusia yang dibenci anjing adalah mengelus wajah atau menepuk kepalanya. Sebagian besar manusia berpikir anjing peliharaan suka ditepuk kepalanya.

Kenyataannya, meski beberapa anjing akan menerima hal ini jika dilakukan pemiliknya, sebagian besar sahabat bulu tidak menikmatinya.

Anda mungkin memperhatikan anjing keluarga yang penuh kasih sayang akan sedikit memalingkan wajahnya saat Anda meraih wajahnya untuk mengelusnya. Ini adalah masalah ruang pribadi bagi anjing seperti halnya bagi manusia. 

Berinteraksilah dengan mengelus punggung atau bagian belakang anjing peliharaan dengan lembut, tetapi jangan menepuk-nepuknya. 

Baca juga: Normalkah Anjing Memakan Kotoran? Ini Penyebab dan Cara Menghentikan

Berjalan aneh ke anjing sambil menatap matanya

Ilustrasi anjing Corgi, Pembroke Welsh Corgis.Shutterstock/Marina Plevako Ilustrasi anjing Corgi, Pembroke Welsh Corgis.
Sementara kita manusia melihat kontak mata yang mantap sebagai tanda penting dari kepercayaan atau fokus. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com