Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2023, 11:02 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Rover

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan hewan peliharaan yang mudah akrab dengan pemiliknya, bahkan dapat merasakan hal yang sedang dialami pemiliknya dan memiliki ikatan batin. 

Ikatan batin sering kali membuat anjing menjadi posesif terhadap pemiliknya. Sahabat bulu biasanya akan merasa cemburu saat pemiliknya bermain atau beraktivitas dengan orang lain atau hewan peliharaan lainnya. 

Baca juga: Mengapa Anjing Menjulurkan Lidah Terus Menerus? 

Tentu saja, anjing yang posesif ini dapat membuat pemiliknya kewalahan serta kesulitan saat ingin berinteraksi dengan lingkungan serta membuat anjing peliharaan merasa tak nyaman. 

Maka itu, perlu segera mengatasi anjing posesif. Dilansir dari Rover, Sabtu (19/8/2023), berikut cara mengatasi anjing yang posesif pada pemiliknya.

Ketahui perilaku anjing saat sedang cemburu

Ilustrasi ras anjing Keeshond dan pemiliknyaSHUTTERSTOCK/GALAXY LOVE DESIGN Ilustrasi ras anjing Keeshond dan pemiliknya

Setiap anjing memiliki caranya masing-masing untuk mengutarakan perasaannya, termasuk saat sedang merasa cemburu. Ketika cemburu, anjing akan sangat posesif terhadapa siapa pun yang ingin mendekati pemiliknya. 

Berikut beberapa tanda anjing cemburu atau posesif. 

  • Menolak diajak bermain.
  • Menggonggong ke anjing lain.
  • Menimbun mainan atau camilan.
  • Menyeruduk kepala anjing lain.

Selain perilaku tersebut, anjing peliharaan  mungkin juga menunjukan tanda-tanda lainnya, seperti buang air sembarangan atau tidak mau makan. Karena itu, Anda perlu mengenali dan memahami setiap perilaku anjing peliharaan. 

Baca juga: Bukan Kantuk, Ini 5 Penyebab Anjing Menguap

Mengatur kondisi yang memicu sifat posesif

Selanjutnya, cara mengatasi anjing yang posesif adalah mengatur kondisi yang memicu sifat posesif.

Misalnya, anjing posesif saat melihat Anda memberikan makanan kepada hewan peliharaan lain. Maka itu, sebaiknya berikan makanan anjing di tempat yang jauh dari anjing peliharaan atau saat sahabat bulu sedang sibuk bermain. 

Baca juga: 5 Perubahan Perilaku pada Anjing Tua yang Perlu Diperhatikan

Ajarkan perintah baru

Ilustrasi anjing Brussels griffon.Shutterstock/Eudyptula Ilustrasi anjing Brussels griffon.
Anjing termasuk hewan peliharaan yang penurut dan bisa memahami perintah, terlebih bila mendapat pelatihan dengan baik.

Biasanya, anjing hanya diberi perintah untuk duduk, diam, atau mencari barang-barang. Cobalah mengajarkan perintah atau cara baru pada anjing. Ini dapat menjadi cara mengatasi anjing yang posesif.

Minta bantuan profesional

Apabila posesif anjing sudah cukup parah,  minta bantuan profesional untuk melatih anjing guna mengurangi sifat tersebut.

Pelatih anjing akan mengajarkan sahabat bulu cara mengatur emosional sehingga tidak bereaksi berlebihan saat mengalami hal-hal yang tidak disukai atau merasa cemburu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com