Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 10:04 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing peliharaan tak jarang memiliki kebiasaan menjilati pemiliknya. Ini adalah perilaku umum yang ditunjukkan anjing, bahkan beberapa sahabat bulu menikmatinya. 

Meski tidak ada jawaban, sebagian besar ahli setuju ada beberapa alasan anjing menjilati pemiliknya

Baca juga: Mengapa Anjing Menggonggong di Malam Hari? Ini Penjelasannya

Dalam kebanyakan kasus, perilaku anjing menjilat pemiliknya tidak dianggap sebagai masalah serius, kecuali jika hal itu mengganggu Anda.

Namun, mengetahui alasan anjing menjilati pemiliknya mungkin akan mengubah cara Anda merasakannya.

Dikutip dari The Spruce Pets, Rabu (16/8/2023), berikut sejumlah alasan anjing menjilati pemiliknya. 

Baca juga: 7 Penyebab Anjing Menggaruk Lantai, dari Bosan sampai Senang

Kasih sayang

Ilustrasi anjing Corgi, Pembroke Welsh Corgis.Shutterstock/Marina Plevako Ilustrasi anjing Corgi, Pembroke Welsh Corgis.
Ada kemungkinan besar anjing menjilati pemilinya menunjukkan kasih sayangnya. Itu sebabnya banyak orang menyamakannya dengan ciuman.

Menjilati adalah tindakan alami bagi anjing. Anjing mempelajarinya dari perawatan dan kasih sayang yang diberikan sang induk saat masih kecil.

Beberaapa anjing cenderung lebih jarang menjilat daripada yang lain. Hal ini tidak berarti anjing tersebut kurang penyayang.

Anjing mungkin mempelajari berbagai hal secara berbeda saat masih kecil atau memang tidak menyukai jilatan.

Baca juga: Bahaya, Ini 8 Makanan Beracun yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing

Mencari perhatian

Selanjutnya, alasan anjing menjilati pemiliknya untuk mendapatkan perhatian. Hal ini sering kali dimulai sebagai tanda kasih sayang, tetapi kemudian diperkuat dengan reaksi seperti tertawa, tersenyum, atau membelai.

Mungkin anjing merasa bosan atau kesepian dan menginginkan perhatian Anda. Ketika sedang mencari perhatian, anjing akan merasa dihargai dengan segala jenis perhatian, bahkan yang negatif sekalipun.

Mendorong anjing menjauh, mengatakan tidak, bahkan memberikan hukuman, anjing tidak mengabaikan larangan tersebu. Sebaliknya, hal ini dapat mendorong jilatan lebih jauh lagi.

Baca juga: Mengapa Anjing Saling Mengendus Pantat Satu Sama Lain?

Naluri

Ilustrasi anjing border collie Ilustrasi anjing border collie
Anjing menjilati pemiliknya karena mengikuti naluri liar mereka. Ketika serigala (yang disebut nenek moyang anjing) dan terkadang anjing di alam luar kembali ke anak-anaknya setelah makan atau berburu, anak-anak serigala akan menjilati mulut serigala dewasa.

Kemudian, serigala memuntahkan kembali daging hasil buruannya untuk dimakan anak-anaknya. Beberapa orang percaya perilaku anjing menjilati ini telah diturunkan dalam DNA serigala, menyebabkan anjing secara naluriah melakukannya.

Rasa

Alasan anjing menjilati pemiliknya lainnya adalah ingin mengetahui bagaimana rasa Anda. Setelah menjilati Anda, sahabat bulu mungkin menyadari bahwa Anda memiliki rasa asin yang menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com