Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2023, 12:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa perilaku kepatuhan yang terlihat pada anjing. Tentu saja, memiliki anjing yang patuh atau penurut akan memudahkan Anda dalam pemeliharaan dan menyenangkan. 

Perilaku anjing ini sebetulnya adalah bentuk komunikasinya, baik pada sesama anjing maupun pemiliknya. Sering kali, perilaku kepatuhan ini adalah cara anjing menunjukkan bahwa dirinya ramah dan mudah didekati.

Baca juga: Penyebab Anjing Tidak Bersosialisasi dan Cara Mengatasinya 

Perilaku anjing patuh ini dapat diperoleh dengan melatih anjing secara rutin dan mendisplinkannya, tapi tidak memberikan hukuman ketikan sahabat bulu tidak mengikuti perintah.

Sebab, memberikan hukuman hanya akan membuat anjing semakin sulit dilatih atau membuat perilakunya buruk. Lantas, mengapa anjing bisa menjadi patuh?

Mengapa anjing berperilaku patuh? 

Ilustrasi anjing Havanese. Shutterstock/Dorottya Mathe Ilustrasi anjing Havanese.
Banyak orang yang salah memahami arti dari perilaku anjing patuh dan dominan pada anjing. Istilah "patuh" dan "dominan" sangat umum dan tidak boleh dianalisis secara berlebihan.

Faktanya, banyak ahli perilaku dan pelatih anjing yang mencoba menghindari istilah-istilah ini karena terkait dengan teori lama yang tidak akurat tentang hierarki anjing dan "mentalitas kawanan.

Kepatuhan dan dominasi pada anjing adalah perilaku umum, bukan ciri-ciri kepribadian. Perilaku ini adalah bentuk komunikasi melalui bahasa tubuh. 

Baca juga: 4 Penyebab Anjing Gemetar, Apa Saja?

Perilaku yang ditunjukkan adalah tentang hubungan antara anjing dan orang atau hewan lain. Dominasi tidak dapat terjadi tanpa adanya kepatuhan.

Dalam hubungan dengan anjing, salah satu pihak hanya akan menjadi dominan jika anjing tersebut memberikan kepatuhan secara sukarela. 

Penting juga memahami bahwa kepatuhan bukan lawan dari agresi. Perilaku agresif paling sering berkaitan dengan rasa takut dan biasanya tidak ada hubungannya dengan dominasi.  

Seekor anjing yang menunjukkan perilaku patuh sedang membangun atau memperkuat hubungan dengan orang atau hewan tertentu.

Anjing yang sama mungkin menjadi anjing yang dominan dalam hubungan berbeda. Beberapa anjing cenderung berada di pihak yang sama dalam banyak hubungan, tetapi itu tidak berarti Anda memiliki "anjing dominan" atau "anjing penurut". 

Baca juga: Bukan Kantuk, Ini 5 Penyebab Anjing Menguap 

Ilustrasi anjing Samoyed. Unsplash/ctesta Ilustrasi anjing Samoyed.
Secara umum, seekor anjing yang menunjukkan perilaku patuh berusaha mengirimkan pesan bahwa dirinya bukan ancaman. Pesan ini dapat ditujukan kepada manusia, anjing lain, atau hewan lain.

Terkadang anjing mencoba bermain dan ingin pihak lain mengetahuinya atau anjing merasa tidak yakin dengan maksud pihak lain.

Anjing berusaha menenangkan dirinya sendiri dan orang atau hewan lain. Inilah sebabnya mengapa banyak perilaku yang disebut "tunduk" sebenarnya disebut sinyal penenang atau isyarat penenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com