Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2023, 21:48 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Dog Time

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjulurkan lidah merupakan salah satu perilaku anjing yang mudah diketahui. Perilaku ini menjadi ciri khas dari hewan berbulu ini.

Meskipun merupakan perilaku normal, namun apabila anjing menjulurkan lidah terus menerus, Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Dilansir Dog Time, Sabtu (19/8/2023), setidaknya ada empat kemungkinan alasan mengapa anjing menjulurkan lidah terus menerus. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Anjing sedang merasa santai

Salah satu alasan anjing menjulurkan lidah yaitu anjing sedang merasa santai. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa menjulurkan lidah merupakan sebuah reaksi alami.

Baca juga: 5 Perubahan Perilaku pada Anjing Tua yang Perlu Diperhatikan

Pada anak anjing, biasanya mereka akan menjulurkan lidah setelah makan makanan enak, bermain sesuka hati, atau berbaring dekat dengan pemiliknya yang membuat mereka merasa bahagia.

Ilustrasi anjing Goldendoodle.Shutterstock/Tanya Consaul Photography Ilustrasi anjing Goldendoodle.

2. Terengah-engah

Saat anjing terengah-engah juga biasanya akan menjulurkan lidah. Dengan menjulurkan lidah, maka akan membantu penguapan yang membuat suhu tubuh anjing lebih dingin.

Apabila mendapati anjing peliharaan sedang terengah-engah, maka sebaiknya segera tempatkan anjing di area yang sejuk dan kurangi aktivitas fisiknya untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya.

Jika anjing terengah-engah dalam waktu yang cukup lama, maka sangat dianjurkan untuk segera membawanya ke dokter hewan.

3. Sedang dalam masa pengobatan

Apabila anjing sedang dalam masa pengobatan, biasanya anjing akan selalu menjulurkan lidahnya. Meskipun kondisinya normal, namun tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan anjing mendapatkan pengobatan yang tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com