Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 10:49 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, anjing juga suka menguap. Lazimnya, manusia akan menguap saat mengantuk.

Namun, pada anjing alasan menguap ternyata beragam. Anjing bisa menguap saat situasi sedang tenang, memberikan pengamanan, hingga mengomunikasikan rasa stres.

Sebagai pemilik anjing, Anda perlu memahami perilaku anjing menguap ini. Dilansir dari Pet Helpful, Rabu (16/8/2023), berikut sejumlah penyebab anjing menguap yang perlu diketahui. 

Baca juga: 7 Penyebab Anjing Menggaruk Lantai, dari Bosan sampai Senang 

Meras stres 

Anjing menguapShutterstock/Vid Koren Anjing menguap

Saat merasa stres, biasanya anjing peliharaan akan lebih sering menguap. Selain itu, anjing menguap seirng dilakukan saat berada dalam kondisi terganggu. Dengan menguap, anjing dapat merasa tenang. 

Saat merasa bersemangat

Penyebab anjing menguap lainnya adalah menandakan sedang bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya.

Untuk mengendalikan hal tersebut, anjing akan menguap. Ada beberapa kondisi yang memicu anjing lebih sering menguap, antara lain;

  • Anda berhenti berjalan saat sedang berjalan-jalan dengan anjing di luar rumah.
  • Anda tidak segera memberikan makanan atau camilan pada anjing.
  • Anjing tidak diajak bermain. 

Baca juga: Mengapa Anjing Sangat Menyukai Usapan Perut?

Sedang mengalami peristiwa membingungkan

Beberapa pemilik anjing peliharaan terkadang mengajak sahabat bulu berbincang atau berkomunikasi. Tak jarang, interkasi ini berjalan tidak lancar lantaran perbedaan bahasa. 

Saat tidak memahami hal yang Anda sampaikan, anjing peliharaan biasanya akan menguap. Selain itu, anjing menguap ketika melihat pemiliknya sedang kesal. Perilaku tersebut bertujuan untuk menenangkan sang pemilik.

Baca juga: 5 Alasan Anjing Menjilati Pemiliknya dan Cara Menghentikannya

Mengalami konflik

Terkadang anjing juga mengalami konflik. Anjing peliharaan akan memiliki beberapa pilihan. Terkadang, anjing akan menguap untuk memberikan waktu sebelum memutuskan langkah berikutnya ketika menghadapi konflik.

Sebagai contoh, saat ada yang mengambil mainannya, anjing tidak langsung merebut mainan tersebut. Anjing justru menguap selama beberapa menit atau kali. 

Baca juga: Mengapa Anjing Sangat Menyukai Usapan Perut? 

Masalah kesehatan

Selain alasan psikologis, penyebab anjing menguap lainnya adalah adanya masalah kesehatan. Biasanya, anjing menguap saat memiliki masalah di telinga atau terdapat rasa sakit di rahang.

Anjing juga akan menguap apabila terdapat masalah kesehatan, seperti refluks lampung hingga gangguan pada kerongkongan dan tenggorokan. 

Nah, itulah beberapa penyebab anjing menguap. Sebagai pemilik, Anda harus memperhatikan anjing setiap hari dan memberikan perhatian yang tulus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com