Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2023, 22:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dapat menunjukkan berbagai perilaku yang mungkin tampak aneh bagi manusia, salah satunya menatap dinding.

Perilaku anjing menatap dinding ini bisa jadi merupakan hal normal atau memiliki alasan yang sahih untuk terjadi, sementara yang lainnya dapat menjadi indikasi adanya masalah. 

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Memiliki Jenggot, Lucu dan Menggemaskan

Jika Anda memperhatikan, misalnya, saat menonton acara favorit, anjing menatap dinding yang tampaknya tidak ada sesuatu yang menarik. 

Anjing sesekali menatap dinding dan membuat pemilik anjing khawatir. Maka itu, penting mencari tahu alasan anjing menatap dinding. Terkadang anjing menatap dinding karena melihat atau mendengar sesuatu.

Dalam kasus lain, perilaku ini mungkin merupakan tanda kebingungan atau disfungsi kognitif, gangguan kejang, atau perilaku kebiasaan yang telah berkembang dari waktu ke waktu.

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (8/8/2023), berikut sejumlah penyebab anjing menatap dinding.  

Baca juga: Anjing Golden Retriever Vs Flat-Coated Retriever, Serupa tapi Tak Sama

Mendengar sesuatu

Ilustrasi anjing Labradoodle di dalam rumah bersama pemiliknya. SHUTTERSTOCK/LOPOLO Ilustrasi anjing Labradoodle di dalam rumah bersama pemiliknya.
Terkadang serangga dan hewan pengerat dapat masuk ke dinding. Jika mendengar sesuatu yang berlarian atau menggaruk-garuk di dalam dinding, anjing peliharaan akan menyelidiki dan kemudian menatapnya.

Anjing dapat mendengar jauh lebih baik daripada manusia. Jadi, meski Anda tidak mendengar apa pun, anjing mungkin mendengarnya.

Apabila melihat hal ini sering terjadi, segera mencari tahu kemungkinan adanya masalah hama di dalam dinding.

Melihat sesuatu

Selain mendengar sesuatu, penyebab anjing menatap dinding karena mendengar sesuatu. Serangga yang merayap, bayangan, dan lampu yang bersinar di dinding, semuanya dapat menarik perhatian anjing, yang menyebabkan menatap dinding.

Anda mungkin tidak menyadari gangguan tersebut pada awalnya, tetapi jika memperhatikan ke mana anjing peliharaan menatap, Anda dapat menemukan alasan tatapannya. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Warna Hitam yang Populer, Rottweiler hingga Doberman

Disfungsi kognitif anjing

Disfungsi kognitif anjing (CCD) juga disebut sebagai demensia anjing menyebabkan anjing menjadi bingung atau melakukan sesuatu tanpa penjelasan logis.

Beberapa anjing dengan disfungsi kognitif akan menggonggong tanpa alasan jelas, buang air kecil di dalam rumah meski tidak ada orang di rumah, bahkan menatap dinding.

Sama dengan penderita penyakit ahlzheimer, disfungsi kognitif tidak sepenuhnya dipahami, tetapi disebabkan perubahan pada otak seiring bertambahnya usia anjing.

Ada beberapa suplemen1 dan makanan yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu anjing dengan CCD dan Anda harus mendiskusikan pilihan ini dengan dokter hewan.  

Baca juga: Mengapa Anjing Suka Memakan Pakaian Dalam?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com