Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing yang Patuh dan Mudah Dilatih, Pudel hingga German Shepherd

Kompas.com - 20/07/2023, 09:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan populer di dunia dan dianggap sebagai sahabat manusia. Ikatan yang dapat dikembangkan beberapa orang dengan anjing peliharaan dapat memungkinkan anjing sangat terlatih dan cakap.

Dikutip dari Study Finds, Kamis (20/7/2023), dari trik dan perintah sederhana hingga pelatihan layanan penyelamatan jiwa, ada beberapa ras anjing yang patuh dan mudah dilatih.

Anjing tidak diragukan lagi memiliki dampak positif pada kehidupan pemiliknya, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa mereka mungkin bermanfaat bagi lingkungan sekitar dengan baik.

Baca juga: 7 Ras Anjing Besar yang Ramah Keluarga, Aman untuk Anak-anak

Ilustrasi anjing Border collie sedang berolahraga.Shutterstock/Kamil Macniak Ilustrasi anjing Border collie sedang berolahraga.

Peneliti dari Ohio State University, AS menemukan bahwa lingkungan yang menjadi rumah bagi lebih banyak anjing juga mengalami lebih sedikit kejahatan, termasuk pembunuhan dan penyerangan.

Berikut beberapa ras anjing yang patuh dan mudah dilatih.

1. Border Collie

Border Collie adalah anjing yang cerdas. Berasal dari Skotlandia dan Inggris, anjing ini juga energik, memungkinkannya menangani segala jenis pelatihan.

Kemampuan anjing Border Collie meliputi pemecahan masalah dan penerapan trik dan perintah dengan cepat. Ras anjing yang cerdas seperti Border Collie diketahui dapat memahami perintah setelah rata-rata hanya 5 pengulangan dan mematuhinya dengan akurasi hingga 95 persen.

Baca juga: 8 Ras Anjing Penjaga Terbaik untuk Rumah dan Keluarga

Border Collie terkenal dengan bakat menggembala dan ketangkasannya. Karena kecerdasan tinggi dan energinya yang tiada habisnya, olahraga yang sering dan rangsangan mental adalah suatu keharusan bagi anjing ini.

Border Collie adalah pecandu kerja yang cerdas. Mereka belajar dengan sangat cepat, menurut American Kennel Club (AKC).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com