Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2023, 21:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Saling mengendus pantat adalah salah satu hal pertama yang terjadi ketika dua anjing bertemu, entah di taman atau di jalan. 

Hal ini mungkin tampak menjijikkan, memalukan, atau aneh bagi manusian, tetapi anjing terlihat sangat senang melakukannya.  

Baca juga: Anjing Corgi Jantan Vs Betina, Manakah yang Lebih Baik Dipelihara?

Beberapa pemilik anjin pernah mengalami ritual sosial anjing mengendus pantat ini. Lantas, mengapa anjing saling mengendus pantat? Apakah hal ini sehat dan normal dilakukan? 

Dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (10/8/2023), sistem penciuman anjing sangat kompleks dan canggih sehingga indera penciumannya jauh lebih unggul daripada manusia.

Sebagai gambaran perbedaannya, manusia memiliki sekitar 5 juta reseptor penciuman di hidungnya, sedangkan anjing memiliki sekitar 220 juta.

Anjing dapat mencium berlapis-lapis aroma, bahkan ketika manusia tidak dapat mencium apa pun. Itu adalah hidung yang mengesankan.

Jika Anda memiliki hidung seperti itu mungkin ingin mengendus semuanya juga. Anjing mengendus sepanjang hidupnya karena dua alasan utama. 

Pertama, kenikmatan. Mencium sesuatu itu adalah hal menyenangkan bagi anjing dan bisa  menstimulasinya. Kedua, informasi. Anjing ingin mencari tahu atau belajar lebih banyak tentang sesuatu atau seseorang. 

Lalu, apa alasan anjing saling mengendus pantat satu sama lain? 

Dikutip dari Petkeen, ada sejumlah alasan anjing mengendus pantat satu sama lain seperti berikut ini. 

Baca juga: 6 Penyebab Anjing Menatap Dinding, Kenapa?

Cara anjing berkomunikasi 

Ilustrasi anjing mengendus pantat anjing lain.Shutterstock/Spiky and I Ilustrasi anjing mengendus pantat anjing lain.
Selain memiliki indera penciuman lebih kuat daripada manusia, anjing juga mempunyaiorgan Jacobson (atau organ vomeronasal) di rongga hidung mereka, yang terbuka di belakang gigi seri atas ke atap mulut. 

Organ Jacobson adalah sistem penciuman kedua yang dirancang untuk komunikasi kimiawi. Saraf-saraf di organ ini mengarah langsung ke otak dan mereka merespons bau-bauan yang "tidak terdeteksi" di dunia, yaitu feromon.

Dalam dunia anjing, gabungan kekuatan mengendus membantunya mengetahui kapan anjing lain siap untuk kawin atau membantu anak anjing menemukan induknya ketika siap untuk makan.

Dengan menggunakan kekuatan gabungan hidung dan organ Jacobson, perilaku anjing mengendus pantat satu sama lain memberi tahu anjing peliharaan semua yang perlu dia ketahui tentang teman berbulu itu. 

Baca juga: Anjing Golden Retriever Vs Flat-Coated Retriever, Serupa tapi Tak Sama

Menyapa anjing lain 

Selain itu, alasan anjing saling mengendus pantat satu sama lain adalah sebagai bentuk sapaan. Manusia menyapa satu sama lain dengan berjabat tangan, berpelukan, melambaikan tangan, dan menawarkan senyuman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com