Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2023, 19:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dan kucing termasuk hewan mamalia. Keduanya telah lama dijinakan untuk menjadi sahabat manusia atau hewan peliharaan. 

Tak heran, dalam hal perawatan, memelihara kucing dan anjing tak jauh berbeda. Namun, bagaimana soal nutrisi atau makanan? 

Baca juga: Bagaimana Mengetahui Kucing Mendapatkan Cukup Air?

Misalnya, banyak pemilik kucing yang bertanya bolehkah kucing mengonsumsi makanan anjing

Secara singkat, memberi kucing makanan anjing boleh-boleh saja. Kucing dapat memakan sedikit makanan anjing dan ini tidak menimbulkan toksisitas atau efek jangka panjang.

Namun, dalam jangka panjang, kucing tidak boleh mengonsumsi makanan anjing. Kucing tidak dapat dipelihara dengan pola makan makanan anjing.

Hal ini akan memberikan konsekuensi merugikan pada kucing, bahkan mematikan. Sebab, formula dalam makanan anjing dan makanan kucing memiliki komponen nutrisi berbeda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi berbeda dari kedua spesies ini. 

Baca juga: Ketahui, Ini Alasan Kucing Mengibaskan Ekor

ilustrasi kucing makan makanan basah.iStockphoto/Mercedes Rancaño Otero ilustrasi kucing makan makanan basah.
Meski anjing dan kucing berbagi rumah dengan kita, seiring berjalannya waktu, alam telah membentuk keduanya menjadi hewan yang sangat berbeda dengan kebutuhan nutrisi sangat berbeda pula.

Kucing adalah karnivora obligat yang berarti membutuhkan makanan yang mengandung protein dan lemak hewani agar semua sistem tubuhnya dapat berfungsi aik.

Di sisi lain, anjing, sebenarnya adalah omnivora. Anjing omnivora memiliki pola makan yang lebih fleksibel serta mudah memakan daging dan sayuran.

Diet makanan anjing tidak memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik yang dibutuhkan kucing. 

Baca juga: Bagaimana Kucing Mempelajari Sebuah Perilaku? Ini Penjelasannya

Perbedaan makanan kucing dan makanan anjing

Berikut beberapa perbedaan utama dalam formulasi makanan anjing dan kucing disadur dari Pet MD, Selasa (1/8/2023).

  • Rasa

Kucing merasakan rasa berbeda dari anjing. Berbede dengan anjing, kucing tidak memiliki kemampuan merasakan rasa manis, bahkan jumlah reseptor perasa pun berbeda di antara kedua spesies ini.

Kucing hanya memiliki 470 indera perasa, sedangkan anjing memiliki 1.700. Sebagai referensi, manusia memiliki lebih dari 9.000 indera perasa.

Makanan kucing secara khusus dirancang agar sangat enak untuk menarik perhatian sahabat bulu yang terkadang pilih-pilih, bahkan kurang memiliki selera, untuk makan.

Pada umumnya, kucing jarang sekali mau makan makanan anjing karena mereka cenderung menganggapnya tidak menggugah selera. Namun, anjing menyukai makanan kucing yang lezat dan tinggi protein. 

Baca juga: Mengapa Kucing Menatap Kucing Lain dan Pemiliknya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com