Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 08:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Bukan rahasia lagi bahwa kucing menyukai kotak, entah itu kardus maupun benda apa pun yang berbentuk kotak. 

Faktanya, sebagian besar pencinta kucing telah melihat setidaknya sebuah serial kartun yang menggambarkan kucing tidur di dalam kotak, bukan tempat tidur kucing mahal yang ada di dalam kotak itu. 

Baca juga: Kucing Saling Menampar Satu Sama Lain, Kenapa?

Lantas, mengapa kucing menyukai kotak kardu?

Alasannya bisa bermacam-macam. Nah, berikut sejumlah hal tentang kucing menyukai kotak kardus dilansir dari The Spruce Pets, Rabu  (26/7/2023). 

Bagaimana kucing melihat kotak? 

Ilustrasi kucing tidur atau bersantai di dalam kotak kardus.Shutterstock/skrotov Ilustrasi kucing tidur atau bersantai di dalam kotak kardus.
Kucing secara alami memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika sesuatu yang baru muncul di lingkungannya, kucing akan menyelidikinya untuk menentukan apakah benda tersebut aman, apakah itu mainan, atau apakah itu makanan yang potensial.

Kucing dikenal sebagai predator. Kotak adalah ruang tertutup dan terbatas yang mungkin dilihat kucing sebagai tempat sempurna untuk bersembunyi serta menunggu untuk menyergap mangsa

Namun, beberapa orang lupa bahwa meski predator, kucing juga merupakan mangsa bagi banyak hewan liar. Sebuah kotak tertutup juga bisa menjadi tempat persembunyian yang aman bagi kucing. 

Baca juga: Mengapa Kucing Menggosokkan Tubuh ke Kaki Pemiliknya?

Faktanya, kotak dapat membuat kucing merasa sangat aman sehingga suka bersembunyi di dalamnya ketika stres atau ada perubahan lingkungan di rumah mereka.

Bersembunyi adalah mekanisme penanggulangan bagi kucing dalam menghadapi berbagai pemicu stres lingkungan.  

Namun, bagaimana jika kandang kucing tertutup yang sangat mirip dengan kotak, mengapa kucing sangat membencinya?

Sayangnya, kucing telah mengetahui arti kandang. Ketika berada di rumah, masuk ke kandang berarti kucing akan pergi ke suatu tempat yang tidak menyenangkan, seperti ke dokter hewan.

Hal ini juga alasan mengapa saat Anda berada di dokter hewan, yang ingin dilakukan kucing hanyalah kembali ke dalam gendongan.

Namun, ada beberapa tips dan trik mudah memasukkan kucing ke kandangnya. Membiarkan gendongan sebagai tempat tidur tambahan (atau kotak) dapat membantu memutuskan hubungan kucing dengan gendongan dan dokter hewan. 

Baca juga: Mengapa Kucing Mengoceh pada Burung Saat Melihatnya di Jendela?

Daya tarik kotak

Ilustrasi kucing berada di dalam kotak kardus.Shutterstock/Amry979 Ilustrasi kucing berada di dalam kotak kardus.
Selanjutnya, alasa kucing menyukai kotak kardus karena daya tariknya. Kucing menyukai tekstur. Ini bisa menjadi alasan mengapa terkadang sulit mengganti makanan untuk kucing yang hanya makan kibble atau makanan kereing dengan bentuk tertentu. Inilah alasan mengapa ada beragam tekstur makanan kaleng.

Preferensi tekstur juga menjadi alasan kucing lebih suka mencakar sofa daripada tiang cakaran tali sisal yang diletakkan tepat di sebelahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com