Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kucing Menyukai Kotak Kardus? Ini Alasannya

Faktanya, sebagian besar pencinta kucing telah melihat setidaknya sebuah serial kartun yang menggambarkan kucing tidur di dalam kotak, bukan tempat tidur kucing mahal yang ada di dalam kotak itu. 

Lantas, mengapa kucing menyukai kotak kardu?

Alasannya bisa bermacam-macam. Nah, berikut sejumlah hal tentang kucing menyukai kotak kardus dilansir dari The Spruce Pets, Rabu  (26/7/2023). 

Kucing dikenal sebagai predator. Kotak adalah ruang tertutup dan terbatas yang mungkin dilihat kucing sebagai tempat sempurna untuk bersembunyi serta menunggu untuk menyergap mangsa

Namun, beberapa orang lupa bahwa meski predator, kucing juga merupakan mangsa bagi banyak hewan liar. Sebuah kotak tertutup juga bisa menjadi tempat persembunyian yang aman bagi kucing. 

Faktanya, kotak dapat membuat kucing merasa sangat aman sehingga suka bersembunyi di dalamnya ketika stres atau ada perubahan lingkungan di rumah mereka.

Bersembunyi adalah mekanisme penanggulangan bagi kucing dalam menghadapi berbagai pemicu stres lingkungan.  

Namun, bagaimana jika kandang kucing tertutup yang sangat mirip dengan kotak, mengapa kucing sangat membencinya?

Sayangnya, kucing telah mengetahui arti kandang. Ketika berada di rumah, masuk ke kandang berarti kucing akan pergi ke suatu tempat yang tidak menyenangkan, seperti ke dokter hewan.

Hal ini juga alasan mengapa saat Anda berada di dokter hewan, yang ingin dilakukan kucing hanyalah kembali ke dalam gendongan.

Namun, ada beberapa tips dan trik mudah memasukkan kucing ke kandangnya. Membiarkan gendongan sebagai tempat tidur tambahan (atau kotak) dapat membantu memutuskan hubungan kucing dengan gendongan dan dokter hewan. 

Preferensi tekstur juga menjadi alasan kucing lebih suka mencakar sofa daripada tiang cakaran tali sisal yang diletakkan tepat di sebelahnya.

Karton memiliki tekstur yang menurut sebagian besar kucing menarik dicakar dan digigit. Karton juga bersifat isolasi.

Kucing lebih menyukai suhu lingkungan yang berkisar antara 26-32 derajat Celcius. Kotak kardus dapat menjadi tempat bagi kucing untuk tetap hangat. Inilah mengapa kucing menyukai kotak kardus.  

Cara menumbuhkan pengalaman positif dengan kotak

Jika kucing suka tidur di dalam kotak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya tetap aman dan nyaman.

Letakkan selimut lembut dan beberapa mainan favorit kucing di dalam kotak. Anda dapat menyemprot selimut mereka dengan feromon yang menenangkan untuk membuat kucing merasa lebih nyaman.

Kucing senang berada di dekat keluarganya, jadi letakkan kotak di area rumah tempat Anda biasa berkumpul, seperti ruang keluarga atau kamar tidur. 

1. Lepaskan semua staples yang ada di dalam kardus. Hal ini dapat secara tidak sengaja mengenai dan menyebabkan luka tusukan yang dapat menyebabkan infeksi pada kucing.

2. Lepaskan semua benang atau tali yan telah digunakan untuk menutup kotak karus karena  dapat menimbulkan risiko benda asing pada kucing.

3. Letakkan kotak di atas permukaan kokoh, seperti lantai, dan letakkan di sisi paling besar agar tidak mudah terjatuh. 

4. Jika membawa kotak kardus untuk dibawa bepergian, pastikan kucing tidak menyelinap ke dalam sebelum Anda menutupnya

Bagi sebagian besar kucing, obsesi terhadap kotak karus adalah perilaku yang sangat normal. Jadi, pemilik kucing tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/26/081147276/mengapa-kucing-menyukai-kotak-kardus-ini-alasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke