Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2023, 21:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki sejumlah perilaku yang memiliki makna atau sesuatu yang ingin disampaikan kepada pemiliknya. 

Sayangnya, ada beberapa perilaku kucing yang justru membuat pemiliknya bertanya-tanya, salah satunya menggosok-gosokan tubuhnya ke kaki pemiliknya. 

Baca juga: Mengapa Kucing Mengoceh pada Burung Saat Melihatnya di Jendela?

Secara umum, perilaku kucing ini merupakan tanda cinta dan kesetiaan mereka kepada Anda. Namun, ada banyak alasan spesifik yang berbeda mengapa kucing terus melanjutkan perilaku ini. 

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Senin (24/7/2023), berikut sejumlah alasan kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya

Menandakan lingkungan dan orang sebagai miliknya 

Ilustrasi kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya.Shutterstock/Gordana Sermek Ilustrasi kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya.
Kucing sangat bergantung pada indera penciumannya untuk mendapatkan informasi tentang dunia di sekitarnya. 

Kucing memiliki kelenjar di dagu, pipi, dahi, bahkan cakar mereka mengeluarkan feromon. Feromon ini tidak berbau bagi manusia, tetapi kucing dan hewan lain dapat dengan mudah mencium baunya.

Feromon ini memberi tahu hewan atau kucing lain banyak hal tentang kucing yang meninggalkan aroma tersebut, seperti apakah kucing itu jantan atau betina, apakah masih utuh, apakah sedang berahi, bahkan suasana hati kucing saat itu. 

Baca juga: Alasan Kucing Membawa Hewan Mati kepada Pemiliknya

Ketika pulang kerja atau menjalankan tugas, Anda mungkin memiliki bau lain yang menempel di kulit. Tergantung dari mana Anda berasal, kulit dan pakaian Anda bahkan mungkin memiliki bau hewan lain.

Ketika kucing peliharaan bergesekan dengan Anda, bisa jadi ia berusaha meninggalkan aromanya sebagai cara menandai Anda sebagai miliknya.

Dengan kata lain, kucing memberi tahu kucing dan hewan lain bahwa Anda adalah miliknya.  Ini adalah jenis perilaku teritorial yang mengindikasikan hubungan terikat.

Perilaku teritorial lainnya, termasuk menggaruk sesuatu dan menandai air seni. Penyebar feromon, seperti Feliway, menyediakan benda-benda yang tepat untuk dicakar kucing peliharaan dan mensterilkan kucing jantan dapat membantu mengurangi perilaku merusak ini. 

Baca juga: 6 Masalah Perilaku yang Dialami Kucing, dari Mengeong sampai Menjilat

Undangan untuk hewan peliharaan dan mencari perhatian

Ilustrasi kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya.Shutterstock/Oleg Elkov Ilustrasi kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya.
Selanjutnya, alasan kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya adalah undangan untuk hewan lain dan mencari perhatian. Contohnya, saat kucing menggosokkan tubuh ke kaki pemiliknya saat Anda berjalan masuk ke rumah setelah seharian bekerja, sahabat bulu mungkin sedang mencari perhatian. 

Bisa jadi kucing peliharaan menginginkan makan malamnya, tetapi bisa juga ingin bermain atau dipelihara.

Kucing yang secara khusus ingin dijadikan hewan peliharaan dapat menunjukkan jenis menggosok wajah tertentu yang disebut bunting atau head bunting.

Perilaku kucing ini secara harfiah adalah ingin menggosokkan wajahnya kepada Anda dan ini adalah cara mereka meminta cakaran di kepala dan dijadikan hewan peliharaan. 

Baca juga: Bisakah Kucing Menangis dan Apa Penyebabnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com