Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Arti Warna Lidah Anjing, Dari Hal Normal hingg Penyakit Serius

Kompas.com - 28/10/2023, 09:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bubbly Pet

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, lidah anjing berperan penting dalam kehidupan sahabat bulu. 

Lidah anjing adalah organ berotot yang meregang serta mengandung banyak pembuluh darah dan pengecap. Lidah membantu proses makan, minum, dan menelan.  

Baca juga: Alasan Anjing Memakan Kotoran Kucing, Berbahayakah?

Lidah juga dapat menunjukkan kesehatan anjing. Misalnya, warna lidah anjing membantu Anda memantau kesehatan sahabat bulu.

Meski tidak selalu dapat diandalkan 100 persen, warna lidah dapat memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi di dalam tubuh anjing peliharaan

Warna lidah anjing berkisar dari merah muda, merah terang, biru, hingga ungu. Beberapa warna ini ada yang perlu Anda waspadai, sedangkan yang lain tidak perlu khawatir karena bisa jadi tidak berbahaya. 

Lidah juga dapat memprediksi apakah anjing kekurangan sel darah merah, mengalami dehidrasi, atau mengalami kondisi kesehatan medis yang mendasarinya.

Jadi, penting memantau kondisi lidah anjing peliharaan secara teratur untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan sahabat bulu. 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Australian Shepherd Bermata Biru, Berbahayakah?

Apa warna lidah anjing yang sehat?

Warna lidah anjing yang sehat harus berkisar dari merah muda atau pink terang hingga pink tua. Selain itu, lidah anjing yang sehat tidak boleh kering atau lengket dan tidak memiliki luka atau koreng.

Perubahan warna dan tekstur lidah anjing secara tiba-tiba dapat menjadi tanda peringatan adanya penyakit.

Ketika lidah anjing berubah menjadi warna lain, hanya ada dua penyebab, yakni masalah kesehatan yang tersembunyi atau anjing memakan sesuatu yang aneh.

Maka itu, sebelum bergegas membawa anjing peliharaan ke klinik dokter hewan, sebaiknya memeriksa apakah sahabat bulu memakan sesuatu yang mengeluarkan warna tertentu.

Beberapa makanan mengandung pewarna dapat menghitamkan lidah anjing. Nah, dilansir dari Bubbly Pet, Sabtu (28/10/2023), berikut penjelasan mengenai warna lidah anjing dan penyebabnya.  

Baca juga: Bisakah Anjing Border Collie Memiliki Mata Biru?

Lidah anjing pink terang dan gelap

Ilustrasi anjing  Labradoodle menjulurkan lidah.Shutterstock/Nynke van Holten Ilustrasi anjing Labradoodle menjulurkan lidah.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, lidah anjing berwarna merah muda menandakan anjing kita sehat. Ini adalah warna paling umum serta biasanya menandakan anjing memiliki pola makan yang baik dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Meski mengkhawatirkan jika melihat lidah anjing berwarna merah muda dengan bintik-bintik hitam atau biru, Anda tidak perlu khawatir.

Ini adalah kondisi genetik yang umum terjadi pada anjing ras anjing campuran seperti Pit Chow atau Chow Pei.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com