Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Arti Warna Lidah Anjing, Dari Hal Normal hingg Penyakit Serius

Lidah anjing adalah organ berotot yang meregang serta mengandung banyak pembuluh darah dan pengecap. Lidah membantu proses makan, minum, dan menelan.  

Lidah juga dapat menunjukkan kesehatan anjing. Misalnya, warna lidah anjing membantu Anda memantau kesehatan sahabat bulu.

Meski tidak selalu dapat diandalkan 100 persen, warna lidah dapat memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi di dalam tubuh anjing peliharaan. 

Warna lidah anjing berkisar dari merah muda, merah terang, biru, hingga ungu. Beberapa warna ini ada yang perlu Anda waspadai, sedangkan yang lain tidak perlu khawatir karena bisa jadi tidak berbahaya. 

Lidah juga dapat memprediksi apakah anjing kekurangan sel darah merah, mengalami dehidrasi, atau mengalami kondisi kesehatan medis yang mendasarinya.

Jadi, penting memantau kondisi lidah anjing peliharaan secara teratur untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan sahabat bulu. 

Apa warna lidah anjing yang sehat?

Warna lidah anjing yang sehat harus berkisar dari merah muda atau pink terang hingga pink tua. Selain itu, lidah anjing yang sehat tidak boleh kering atau lengket dan tidak memiliki luka atau koreng.

Perubahan warna dan tekstur lidah anjing secara tiba-tiba dapat menjadi tanda peringatan adanya penyakit.

Ketika lidah anjing berubah menjadi warna lain, hanya ada dua penyebab, yakni masalah kesehatan yang tersembunyi atau anjing memakan sesuatu yang aneh.

Maka itu, sebelum bergegas membawa anjing peliharaan ke klinik dokter hewan, sebaiknya memeriksa apakah sahabat bulu memakan sesuatu yang mengeluarkan warna tertentu.

Beberapa makanan mengandung pewarna dapat menghitamkan lidah anjing. Nah, dilansir dari Bubbly Pet, Sabtu (28/10/2023), berikut penjelasan mengenai warna lidah anjing dan penyebabnya.  

Meski mengkhawatirkan jika melihat lidah anjing berwarna merah muda dengan bintik-bintik hitam atau biru, Anda tidak perlu khawatir.

Ini adalah kondisi genetik yang umum terjadi pada anjing ras anjing campuran seperti Pit Chow atau Chow Pei.

Namun, jika bintik-bintik ini muncul dengan cepat di lidah anak anjing dan anjing  menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan, segera memeriksakan sahabat bulu ke dokter hewan.    

Penyebab perubahan warna lidah anjing adalah tingkat oksigen yang menurun. Hal ini biasanya terjadi jika anjing menderita penyakit jantung atau pernapasan. Hal ini juga bisa membuat anjing mengalami kesulitan bernapas.

Kedua, kemunculan lidah biru secara tiba-tiba dapat berarti anjing peliharaan telah menelan makanan beracun. Gejala ini dapat meliputi muntah, diare, dan sakit perut.

Selain kondisi di atas, anjing mengalami trauma benda tumpul, serangan benda asing, stres pada organ tubuh, serta terpapar air dingin yang mengakibatkan hipotermia.

Untuk memastikannya, bawa sahabat bulu ke dokter hewan segera setelah melihat gejala-gejala tersebut. Namun, jika memiliki ras anjing lidah biru, maka ini adalah hal normal, seperi anjing Chow chow dan Eurasier. 

Lidah anjing kuning

Perubahan warna kuning pada lidah anjing bisa jadi menandakan anjing menderita pankreatitis, penyakit hati, atau masalah kantung empedu.

Terlepas dari itu, pemilik anjing harus memperhatikan gejala umum dari masalah kesehatan ini, termasuk penyakit kuning atau menguningnya lidah dan kulit, kehilangan nafsu makan, dan mual. 

Selain itu, semua kondisi ini serius dan membutuhkan perhatian dokter hewan segera.

Lidah anjing putih atau pucat

Dehidrasi adalah penyebab umum dari lidah anjing yang putih atau pucat. Maka itu, pastikan anjing peliharaan memiliki akses ke banyak air segar setiap hari.

Namun, ada kemungkinan lidah anjing berwarna putih ini menunjukkan anjing mengalami masalah kesehatan yang tersembunyi.

Jika Anda menemukan selaput lendir dan gusi anjing menjadi pucat, sahabat bulu mungkin mengalami anemia atau tidak memiliki cukup sel darah merah.

Selain itu, lidah anjing yang pucat menandakan pendarahan internal, leukemia, dan penyakit Lyme yang disebabkan oleh kutu. Karena itu, periksakan anjing peliharaan ke dokter hewan segera. 

Lidah anjing merah

Ketika warna lidah anjing berubah menjadi merah terang, itu bisa menjadi indikasi mengalami alergi atau infeksi bakteri. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala suhu tubuh yang tinggi dan batuk.

Namun, jika melihat lidah anjing bengkak atau meradang, ini menandakan ada sesuatu yang tidak beres. Dalam kebanyakan kasus, kemerahan pada lidah anjing akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, jika anjing mengalami kesulitan makan atau minum karena peradangan, Anda harus segera menghubungi dokter hewan.

Mesk kecil kemungkinannya, warna lidah anjing yang merah juga dapat menandakan sahabat bulu mengalami masalah ginjal, melanoma, atau menelan sesuatu yang beracun. 

Akibatnya, sel-sel di lidah anjing mulai mati dan menghitam. Jika Anda merasa ini adalah penyebabnya, segera membawanya ke dokter hewan. 

Di sisi lain, warna lidah anjing hitam dapat menjadi tanda peringatan serangan panas. Anjing juga mengalami kelesuan, mengeluarkan air liur yang berlebihan, dan kejang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/28/091500676/6-arti-warna-lidah-anjing-dari-hal-normal-hingg-penyakit-serius

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke