Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Border collie merupakan ras anjing paling cerdas di dunia. Hal ini karena anjing Border collie mudah dilatih dan dapat melakukan perintah dengan baik. 

Border collie juga dikenal pekerja keras, menyenangkan, energik, serta suka dimanja pemiliknya.  

Baca juga: 9 Fakta Menarik Anjing Border Collie, Raih Banyak Rekor dan Jadi Aktor

Anjing Border collie memiliki tampilan atletis, berotot, mata bulat seperti almond dengan tatapan intens. Tatapan mata ini menjadi ciri khas dari Border collie. 

Umumnya, mata anjing Border collie berwarna coklat, tetapi dilaporkan ada beberapa anjing yang memiliki mata biru. Border collie bermata biru mempunyai mata yang indah. 

Namun, bisakah anjing Border collie memiliki mata biru? 

Dilansir dari Bubblypet, Jumat (27/10/2023), Border collie dapat memiliki mata biru. Faktanya, ras anjing ini adalah salah satu dari sedikit trah yang dapat memiliki berbagai warna mata, termasuk biru.

Meski demikian, Border collie bermata biru biasanya adalah anjing yang memiliki pola bulu merle. Karena itu, para ahli berpendapat bahwa sifat-sifat ini terkait satu sama lain.

Untuk meluruskan, Border collie hadir dalam berbagai ras dengan 24 warna bulu berbeda, seperti merah, hitam dan putih, ungu, dan tiga warna, bersama dengan Border collie merle biru yang langka.

Masing-masing varietas ini memiliki warna mata unik karena faktor genetik, seperti mata kuning, hijau, mata gelap, bahkan mata yang tidak serasi. 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Australian Shepherd Bermata Biru, Berbahayakah?

Apakah Border collie bermata biru itu langka?

Ilustrasi anak anjing Border collie bermata biru.Shutterstock/Annorak Nk Ilustrasi anak anjing Border collie bermata biru.

Berbeda dengan Siberian husky bermata biru yang populer, Border collie bermata biru bisa sangat sulit ditemukan.

Hal ini karena mata biru biasanya muncul pada anjing Border collie jenis merle, yang juga merupakan variasi warna yang tidak umum pada Border collie.

Untuk menghasilkan Border collie bermata biru, seekor anjing harus homozigot untuk gen resesif yang menyebabkan mata biru.

Dalam kasus seekor anjing homozigot untuk gen bermata biru, hanya 50 persen dari anak anjing yang menghasilkan mata biru.

Walau demikian, peternak biasanya harus melakukan pemeriksaan DNA pada Border collie untuk mengetahui apakah anjing adalah pembawa gen yang menghasilkan warna mata ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com