Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Anjing Border Collie Memiliki Mata Biru?

Border collie juga dikenal pekerja keras, menyenangkan, energik, serta suka dimanja pemiliknya.  

Anjing Border collie memiliki tampilan atletis, berotot, mata bulat seperti almond dengan tatapan intens. Tatapan mata ini menjadi ciri khas dari Border collie. 

Umumnya, mata anjing Border collie berwarna coklat, tetapi dilaporkan ada beberapa anjing yang memiliki mata biru. Border collie bermata biru mempunyai mata yang indah. 

Namun, bisakah anjing Border collie memiliki mata biru? 

Dilansir dari Bubblypet, Jumat (27/10/2023), Border collie dapat memiliki mata biru. Faktanya, ras anjing ini adalah salah satu dari sedikit trah yang dapat memiliki berbagai warna mata, termasuk biru.

Meski demikian, Border collie bermata biru biasanya adalah anjing yang memiliki pola bulu merle. Karena itu, para ahli berpendapat bahwa sifat-sifat ini terkait satu sama lain.

Untuk meluruskan, Border collie hadir dalam berbagai ras dengan 24 warna bulu berbeda, seperti merah, hitam dan putih, ungu, dan tiga warna, bersama dengan Border collie merle biru yang langka.

Masing-masing varietas ini memiliki warna mata unik karena faktor genetik, seperti mata kuning, hijau, mata gelap, bahkan mata yang tidak serasi. 

Berbeda dengan Siberian husky bermata biru yang populer, Border collie bermata biru bisa sangat sulit ditemukan.

Hal ini karena mata biru biasanya muncul pada anjing Border collie jenis merle, yang juga merupakan variasi warna yang tidak umum pada Border collie.

Untuk menghasilkan Border collie bermata biru, seekor anjing harus homozigot untuk gen resesif yang menyebabkan mata biru.

Dalam kasus seekor anjing homozigot untuk gen bermata biru, hanya 50 persen dari anak anjing yang menghasilkan mata biru.

Walau demikian, peternak biasanya harus melakukan pemeriksaan DNA pada Border collie untuk mengetahui apakah anjing adalah pembawa gen yang menghasilkan warna mata ini.

Meski kedua induknya memiliki mata biru, masih ada kemungkinan anak anjing Border collie memiliki warna mata lain. Hal ini karena gen untuk mata biru tidak selalu muncul.

Singkatnya, anjing Border collie bermata biru sangat jarang ditemukan karena mereka sulit dikembangbiakkan. 

Warna mata Border collie ditentukan secara genetik. Ini berarti warna mata anak anjing Border collie sebagian besar akan bergantung pada sang induk. 

Gen merle adalah penyebab Border collie bermata biru. Border collie yang memiliki pola merle ini ditandai dengan bercak-bercak acak pigmen gelap di atas warna yang lebih terang dengan warna yang sama.

Pola merle pada anjing disebabkan oleh lokus tertentu, yang juga disebut M-locus. Lokus ini dapat berupa "m" atau "M". Lokus pertama bersifat resesif dan lokus kedua bersifat dominan.

Namun, gen ini tidak hanya bertanggung jawab atas berbagai macam warna dan pola bulu yang indah, tetapi juga memodifikasi pigmen gelap pada mata. Dengan demikian, anjing merle berubah warna dari coklat tua menjadi mata biru.

Sebagai efek samping dari gen merle, hilangnya pigmen secara acak dan pengenceran pigmen pada bulu dan kulit dapat menyebabkan anak anjing memiliki mata biru yang cerah.

Untuk memiliki mata biru, salah satu dari dua anjing harus memiliki satu salinan alel "M" dan satu salinan alel "m" negatif. Anjing dapat mewariskan salah satu alel kepada keturunannya.

Namun, tidak disarankan membiakkan anjing yang merupakan pembawa alel "M" yang dominan karena merle ganda dapat terkena tuli dan cacat lainnya.

Mengawinkan anjing Border collie yang merupakan pembawa gen merle kemungkinan besar akan menghasilkan Border collie dengan bulu putih. Anjing ini sering memamerkan bulu putih yang indah, tetapi sering kali berisiko mengalami masalah bawaan. 

Apakah Border collie bermata biru memiliki masalah kesehatan?

Berlawanan dengan kepercayaan umum, Border collie bermata biru sama sehatnya dengan warna lain dari ras anjing ini.

Faktanya, anjing Border collie memiliki usia hidup rata-rata 10-17 tahun selama mendapat cinta serta perawatan tepat. 

Namun, bukan berarti ras anjing ini kebal terhadap masalah kesehatan. Sama seperti ras anjing lainnya, ada beberapa penyakit yang mungkin diderita Border Collie.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang terjadi pada Border collie bermata biru: 

  • Displasia pinggul 

Border collie sering mengalami displasia pinggul. Kondisi medis ini berkembang ketika sendi siku dan pinggul gagal berkembang atau berbaris dengan tepat, menyebabkan bola dan soket terkilir.

  • Anomali mata collie

Anomali mata Collie atau umumnya dikenal sebagai cacat mata Collie adalah kondisi bawaan yang diwariskan oleh kromosom yang menentukan perkembangan mata biru Border Collie bermutasi.

Ketika hal ini terjadi, koroid, atau kumpulan pembuluh darah yang menyerap cahaya yang tersebar dan menyehatkan retina, tidak berkembang.

Meski anjing Border collie bermata biru adalah anjing yang sehat, Anda harus selalu memeriksakan sahabat bulu ke dokter hewan guna memastikannya dalam  kondisi prima.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/27/071800976/bisakah-anjing-border-collie-memiliki-mata-biru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke