Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meraung atau menggonggong nyaring dan panjang biasanya dianggap sebagai bentuk komunikasi. 

Meraung adalah vokalisasi normal yang sering dilakukan anjing, baik anjing peliharaan, anjing liar, anjing hutan, maupun serigala. Anjing meraung bisa terjadi pada pagi, siang, dan malam hari. 

Baca juga: Kerap Dikaitkan Mistis, Ini Alasan Anjing Meraung pada Malam Hari

Semua ras anjing, seperti Pomeranian kecil dan Chihuahua, memiliki kemampuan meraung, tetapi ada ras anjing tertentu yang lebih terkenal membuat suara ini.

Alasan utama anjing meraung ingin memberitahu sesuatu yang sedang dirasakan atau alami. Jadi, sangatlah penting mengetahui apa yang mungkin ingin disampaikan anjing kepada Anda ketika meraung. 

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (14/11/2023), berikut sejumlah alasan anjing meraung.

Masalah medis

Ilustrasi anjing Siberian husky.Shutterstock/Sergey Lavrentev Ilustrasi anjing Siberian husky.
Karena anjing dapat meraung saat merasa tertekan karena sakit atau terluka, artinya anjing meraung dapat menjadi indikasi adanya masalah medis.

Anjing meraung jika mengalami kesakitan, kelainan hormon tertentu, kehilangan penglihatan atau pendengaran, memiliki kondisi neurologis tertentu, atau alasan medis lainnya.

Contohnya, disfungsi kognitif anjing yang kadang-kadang disebut sebagai demensia anjing. Ini adalah kondisi medis yang mempengaruhi otak anjing dan dapat menyebabkan anjing meraung. 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Australian Shepherd Bermata Biru, Berbahayakah?

Hal ini biasanya terlihat pada anjing yang lebih tua dan mirip dengan penyakit alzheimer pada manusia.

Anjing dengan disfungsi kognitif sering mengalami disorientasi, kebingungan, dan melupakan bagian-bagian rutin dalam hidup mereka, seperti mengetahui kapan harus pergi ke luar untuk buang air, sisi pintu mana yang terbuka, atau bagaimana cara menyiasati perabotan di dalam rumah.

Disfungsi ini merupakan masalah neurologis. Karena merasa bingung, anjing mulai meraung. Jika Anda khawatir anjing meraung karena masalah medis, penting memeriksakannya ke dokter hewan sesegera mungkin.  

Baca juga: 6 Arti Warna Lidah Anjing, Dari Hal Normal hingg Penyakit Serius

Ketakutan

Ilustrasi anjing Australian shepherd. Shutterstock/Heather Skau Ilustrasi anjing Australian shepherd.
Sama dengan kebingungan, berada dalam situasi ketakutan juga menjadi alasan anjing meraung. Anak anjing yang sangat ketakutan dapat meraung ketika berada dalam situasi baru.

Selain itu, anjing yang tersesat dapat meraung ketika ditangkap orang asing atau anjing yang ditinggalkan sendirian di tempat baru juga dapat membuatnya ketakutan dan meraung. 

Sebaliknya, anjing yang bahagia, bersemangat, atau santai biasanya tidak meraung.  

Baca juga: Doberman Jantan Vs Betina, Mana yang Terbaik untuk Anjing Peliharaan?

Masalah perilaku

Masalah perilaku juga menjadi alasan anjing meraung. Biasanya, perilaku ini berakar pada rasa takut atau kecemasan, tetapi perlu waktu dan pengamatan cermat untuk mengetahui pemicu spesifik dari anjing peliharaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com