Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doberman Jantan Vs Betina, Mana yang Terbaik untuk Anjing Peliharaan?

Kompas.com - 30/10/2023, 07:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bubbly Pet

JAKARTA, KOMPAS.com - Doberman pinscher atau akrab disapa Dobies dikenal sebagai anjing yang punya keberanian tinggi, sangat atletis, aktif, serta gesit. 

Bahkan, Doberman juga kerap disalahartikan sebagai sebagai anjing yang galak, ahresif, serta keras kepala. Padahal, kenyataannya, Doberman pinscher dibiakkan untuk perlindungan pribadi dan anjing penjaga. 

Baca juga: Kenapa Ekor Doberman Dipotong? Ini Sejarah dan Alasannya

Meski demikian, tak sedikit orang yang menjadikan Doberman sebagai anjing peliharaan di rumah mereka. Namun, terkadang beberapa orang merasa bingung harus memelihara anjing Doberman jantan atau betina. 

Lantas, manakah yang terbaik dijadikan anjing peliharaan?

Beberapa orang yang telah memelihara anjing Doberman mengklaim bahwa Doberman jantan sangat sosial sehingga lebih cocok sebagai anjing keluarga.

Sementara itu, sebagaian orang lain berpegang teguh pada keyakinan bahwa Doberman betina adalah anjing peliharaan yang ideal karena relatif lebih pintar.

Memang ada beberapa perbedaan antara Doberman jantan dan betina, tetapi keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Doberman jantan lebih besar dan berat daripada Doberman betina karena tubuh mereka yang lebih besar serta banyak otot.

Doberman jantan dipilih untuk menjaga properti karena sangat teritorial, sedangkan Doberman betina adalah penjaga pribadi yang sangat baik karena selalu waspada terhadap orang asing.

Untuk mengakhiri perdebatan mengenai jenis kelamin mana yang lebih baik, berikut penjelasan mengenai karakteristik, penampilan, keterampilan menjaga, dan perawatan antara Doberman jantan dan betina dilansir dari Bubbly Pets, Senin (30/10/2023).  

Baca juga: 10 Ras Anjing Warna Hitam yang Populer, Rottweiler hingga Doberman

Perbedaan fitur fisik

  • Doberman jantan

Ilustrasi anjing Doberman pinscher. Shutterstock/DragoNika Ilustrasi anjing Doberman pinscher.
Doberman pinscher jantan umumnya terlihat seperti Doberman pinscher betina pada pandangan pertama. Namun, saat menganalisis setiap ciri-ciri mereka, ada banyak perbedaan mencolok.

Doberman jantan terlihat lebih besar karena massa ototnya. Tubuhnya juga memiliki sudut yang lebih keras daripada anjing betina, yang umum terjadi pada kebanyakan anjing.

Jika melihat lebih dekat, Anda juga akan melihat Doberman jantan memiliki kepala lebih besar dan gemuk, yang membuatnya lebih maskulin.

Dalam hal massa tubuh, standar resmi Continental Kennel Club (CKC) untuk seekor Doberman jantan memiliki berat badan antara 36-40 kilogram pon dan tinggi badan sekitar 27,5 inci. Ini dua inci lebih tinggi dari Doberman betina.

Beberapa Doberman memiliki badan lebih lebar, terutama jika berasal dari keturunan Eropa. Doberman mungkin memiliki berat rata-rata 4,5-6,8 kilogram lebih berat. 

Baca juga: Perbedaan Anjing Doberman dan Rottweiler, Jangan Sampai Tertukar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com