Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Elemen Dekorasi yang Dapat Memperkaya Interior Rumah

Kompas.com - 21/04/2023, 11:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik rumah yang menginginkan hunian berada dalam kondisi terbaik, baik dari segi estetika maupun kelayakan huni.

Untuk mendapatkan tampilan tersebut, kita harus memilih barang-barang atau elemen dekorasi yang terkoordinasi dengan benar guna memperkaya interior rumah. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Lebaran di Rumah yang Mudah Dilakukan

Namun, sering kali banyak orang meragukan gaya atau elemen yang bisa dimasukkan ke setiap ruangan.

Mengoordinasikan seluruh rangkaian bukan tugas mudah. Kita selalu bisa menggunakan prinsip-prinsip dekorasi dasar dan fungsional, tetapi ruangan itu sampai batas tertentu mungkin kurang dalam hal lain.

Tujuan utama elemen dekorasi tersebut adalah membuat Anda merasa nyaman di rumah, termasuk merasakan keharmonisan ruang dan mendapatkan kesejahteraan.

Disadur dari Decor Tips, Jumat (21/4/2/2023), berikut sejumlah elemen dekorasi yang dapat memperkaya interior rumah.   

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Idul Fitri yang Elegan dan Meriah untuk Rumah

Furnitur kayu 

Ilustrasi ruang keluarga minimalis atau kecil. Shutterstock/metamorworks Ilustrasi ruang keluarga minimalis atau kecil.
Ketika berbicara tentang furnitur, banyak orang mengandalkan kayu. Ada banyak furnitur kayu, dari warna terang, gelap, hingga sentuhan akhir yang lebih jelas dan unik.

Ditambah, furnitur kayu dapat disesuaikan dengan gaya apa pun. Kehangatan bahan ini menonjol. Secara visual, penampila furnitur kayu nyaman, baik untuk kontras yang dihasilkannya maupun karakter damai yang dimilikinya.

Tidak diragukan lagi, ini adalah pilihan bagus untuk memberikan stabilitas estetika dan keseimbangan dalam interior rumah.

Rak buku, meja makan, meja samping tempat tidur, bahkan lemari televisi adalah sumber daya yang tersedia dalam berbagai warna dan kerap perawatan permukaan yang halus dan canggih. 

Baca juga: Tak Selalu Telur, 8 Bunga Ini Cocok Digunakan untuk Dekorasi Paskah

Tirai tipis untuk keanggunan dan kehalusan

Selanjutnya, elemen dekorasi yang dapat memperkaya interior rumah adalah tirai tipis. Tirai ini juga dapat berkontribusi untuk beberapa hal seperti berikut ini: 

1. Tirai tipis yang halus memberikan kontras estetika berbeda dengan gorden tebal dan kaku. Gorden ini juga merupakan pilihan musiman yang bagus, misalnya pada musim semi atau musim panas.

2. Penampilan tirai tipis yang halus, elegan, dan lembut menjadi komponen yang tidak hanya melengkapi dekorasi, tetapi juga menyaring cahaya dan memperkayanya dengan warna dan kecanggihan.

3. Tirai tipis tidak membentuk divisi antara interior dan eksterior, tetapi memungkinkan kita menjelaskan jendela dan terhubung dengan eksterior. Selain itu, menghindari mengubah rumah menjadi tempat kedap udara. 

Baca juga: Jelang Lebaran, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Dekorasi di Ruang Tamu Ini 

Teknologi canggih 

Ilustrasi ruang tamu dengan TV yang dipadukan dengan aksen warna monokrom. SHUTTERSTOCK/JODIE JOHNSON Ilustrasi ruang tamu dengan TV yang dipadukan dengan aksen warna monokrom.
Rumah modern harus didekorasi dengan gaya terbaru. Peralatan rumah tangga sudah menjadi bagian dari dekorasi. Mereka dibuat dengan desain khusus agar dapat berhubungan dengan keseluruhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com