Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menghadirkan Feng Shui Baik di Kamar Tidur

Kompas.com - 12/09/2023, 20:02 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah ilmu kuno Tiongkok yang mempelajari aliran energi chi di dalam rumah

Menurut feng shui, energi chi yang mengalir dengan lancar dapat menciptakan suasana  harmonis serta positif di dalam rumah, termasuk kamar tidur

Baca juga: 5 Aturan Menata Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui, Bawa Kemakmuran

Kamar tidur adalah salah satu ruangan penting di rumah. Kamar tidur digunakan untuk tidur, bersantai, dan mengisi energi sehingga penting menciptakan suasana nyaman serta menenangkan.

Kamar tidur yang dirancang dengan feng shui baik dapat membantu memperoleh tidur lebih nyenyak, berkualitas, juga bahagia.

Dikutip dari House Beautiful, Selasa (12/9/2023), berikut tiga cara menghadirkan feng shui baik di kamar tidur

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Membawa Keberuntungan di Rumah Menurut Feng Shui

Hindari barang elektronik di kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau.
Dokter dan ahli feng shui menyarankan menjauhkan barang elektronik dari kamar tidur.

Susan Chan, agen real estate dan konsultan feng shui bersertifikat asal Amerika Serikat, mengatakan ia percaya barang elektronik dapat mengganggu aliran energi chi di kamar tidur.

Aliran energi chi yang lancar penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Selain barang elektronik, Chan juga menyarankan menyingkirkan barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan dari kamar tidur. Sebab, kamar tidur seharusnya menjadi tempat beristirahat dan bersantai.  

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur, Kenapa?

Pilih kepala tempat tidur yang kokoh

Selanjutnya, cara menghadirkan feng shui baik di kamar tidur adalah memilih kepala tempat tidur yang kokoh.

Anjie Cho, penulis Mindful Homes dan ahli feng shui asal Amerika Serikat, mengatakan "posisi memerintah" pada tempat tidur adalah salah satu konsep utama dalam feng shui.

Posisi memerintah adalah posisi tempat tidur yang dapat melihat pintu dari tempat tidur , tetapi tidak langsung menghadapnya.

Kepala tempat tidur yang kokoh dapat membantu Anda menciptakan posisi memerintah. Kepala tempat tidur yang kokoh dan kuat akan memberikan dukungan serta rasa aman dan nyaman.

Chan menambahkan, kepala tempat tidur yang terbuat dari kayu dan melekat kuat pada tempat tidur melambangkan hubungan kuat serta solid. 

Baca juga: 3 Tanaman yang Dapat Membawa Feng Shui Buruk di Rumah

Letakkan cermin dengan bijak

Beberapa ahli feng shui menyarankan tidak menggunakan cermin sama sekali di kamar tidur karena dapat memantulkan energi negatif dari ruangan.

Chan mengatakan cermin dapat digunakan di kamar tidur, tetapi harus ditempatkan dengan hati-hati. Cermin harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak memantulkan tempat tidur secara langsung.

Cahaya dari cermin dapat memantulkan tempat tidur secara langsung sehingga mengganggu aliran energi chi baik di kamar tidur serta menyebabkan perasaan tidak nyaman atau gelisah. 

Nah, itu dia sejumlah cara menghadirkan feng shui baik di kamar tidur. Selamat mencoba!  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com