Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Desain Interior yang Harus Dihindari di Rumah, Bawa Feng Shui Buruk

Kompas.com - 31/08/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui dianggap sebagai praktik kuno dan beberapa orang mengganggapnya sebagai hal buruk. 

Meski demikian, prinsip-prinsip feng shui untuk desain interior tetap relevan hingga saat ini. Nyatanya, mengikuti tren viral di TikTok yang mengungkapkan banyak tren interior yang harus dihindari setelah diyakni sebagai feng shui yang buruk.  

Baca juga: Rumah Dekat Kuburan Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Kenapa?

Maka itu, perlu mempertimbangkan kembali beberapa tren dekorasi rumah yang Anda pilih untuk diterapkan.  

Namun, tidak cukup hanya dengan menemukan hal-hal yang "menyenangkan secara estetika" di ruang keluarga karena feng shui adalah tentang mengatur dan mendekorasi ruangan agar selaras serta menyatu dengan alam. 

Jemma, pakar feng shui dan pendiri Home Heart Feng Shui, menggunakan TikTok untuk berbagi pengetahuannya mengenai beberapa tren ruang keluarga yang paling umum dilihat di banyak rumah, terutama ruang keluarga modern.  

Dilansir dari Ideal Home, Kamis (31/8/2023), berikut tren desain interior yang harus dihindari di rumah menurut feng shui demi keharmonisan keluarga. 

Baca juga: Di Mana Sebaiknya Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui?

Pintu depan rumah dari kaca

Ilustrasi pintu kaca.Shutterstock/Elena Elisseeva Ilustrasi pintu kaca.
Jemma mengatakan idealnya pintu depan rumah harus terbuat dari kayu solid untuk memberi Anda rasa kekuatan, dukungan, dan keamanan.

"Pintu kaca menunjukkan kerapuhan dan dapat membuat merasa rentan serta terekspos di rumah Anda sendiri," katanya. 

Pintu depan rumah dan lorong sering dianggap sebagai salah satu area terpenting dalam sebuah rumah karena di sinilah Qi (energi) masuk ke rumah.

Inilah sebabnya mengapa ada penekanan pada hal-hal yang tidak boleh Anda lihat dari pintu depan menurut praktik feng shui.

Zoe Vita James, praktisi feng shui dan anggota International Feng Shui Association UK Chapter, mengatakan, untuk rumah yang berada di sudut tanah atau pertigaan dengan jalan lain yang mengarah langsung ke pintu depan, misalnya, ini adalah hal yang sangat tidak baik untuk memiliki pintu depan kaca.

Sebuah pintu kayu solid memberikan perlindungan dari energi luar yang sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini untuk kesehatan dan kebahagiaan penghuni di dalamnya.

Namun, ada beberapa kasus hal ini bisa dibengkokkan. "Ruang dengan pintu kaca yang membuka ke taman yang indah dan terlindungi baik dapat menjadi cara luar biasa membawa cahaya dan energi positif ke dalam rumah," ucap Zoe. 

Baca juga: 6 Dampak Negatif Sofa di Depan Jendela Menurut Feng Shui

Terlalu banyak pintu melengkung

Selanjutnya, desain interior yang harus dihindari di rumah adalah pintu melengkung yang terlalu banyak.

Jemma menjelaskan, secara tradisional, pintu melengkung digunakan di tempat-tempat ibadah, seperti gereja, sehingga energinya sangat Yin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com