Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2023, 12:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset yang retak menjadi masalah pada kloset kamar mandi yang membingungkan karena biasanya retakan tersebut sulit ditemukan. Dalam beberapa kasus, retakan ini bisa jadi muncul saat pertama kali kloset diproduksi.

Namun, retak rambut juga bisa terjadi kapan saja dan bisa menyebabkan bocor halus. Retakan yang akan semakin terlihat apabila terjadi perubahan suhu yang ekstrem.

Apapun penyebabnya, langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memperbaikinya yaitu menemukan dan menilai apakah retakan tersebut bisa diperbaiki atau tidak.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Noda Kerak dari Kloset, Tampak Bersih dan Baru

Retakan rambut yang kecil biasanya dapat ditambal menggunakan epoksi porselen. Namun retakan yang lebih besar atau yang bisa menembus seluruh mangkuk biasanya tidak bisa diperbaiki, sehingga kloset harus diganti.

Dilansir dari The Spruce, Senin (11/9/2023), berikut ini cara memperbaiki retak rambut di kloset dengan mudah.

Ilustrasi kloset duduk bocor di bawah, kloset duduk merembes. SHUTTERSTOCK/CUNAPLUS Ilustrasi kloset duduk bocor di bawah, kloset duduk merembes.

Siapkan bahan dan alat

  • Spons dan ember
  • Kape
  • Alat bersih-bersih
  • Ampelas
  • Epoksi tahan air

Temukan retakan di tangki kloset

Setelah alat dan bahan tersedia, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan saat hendak memperbaiki retak rambut di kloset yaitu menemukan sumber retakan terlebih dahulu. Biasanya, retakan terjadi di atas atau di bawah permukaan air, serta di bagian dalam atau luas.

Baca juga: Cara Mengganti Dudukan Kloset dengan Mudah

  • Retakan di atas permukaan air

Biasanya, retakan ini tidak menjadi masalah kecuali saat retakan mulai membesar. Jika melihat retakan di sekitar tangki kloset, awasi agar tidak semakin parah.

  • Retakan di bawah permukaan air

Apabila Anda mencurigai retakan di bawah permukaan air, maka sebaiknya segera perbaiki. Mulailah dengan memeriksa segel antara tangki dan mangkuk. Lalu, periksa tangki dengan hati-hati agar bisa melihat retakan di bagian luar maupun dalam tangki.

Cek retakan di mangkuk kloset

Apabila Anda melihat adanya air di lantai dekat kloset, kemungkinan ada kebocoran atau retak di bagian mangkuk. Kebocoran di mangkuk hanya akan terlihat saat Anda menyiram kloset. Jadi, untuk memeriksa retakan, siram kloset dan amati kondisi sekitar mangkuk kloset.

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk dengan Disinfektan dan Cuka

Matikan aliran air ke kloset

Sebelum mulai perbaikan, sebaiknya matikan air ke kloset, Caranya dengan memutar katup penutup di bawah tangki klose searah jarum jam sampai terhenti.

Siram kloset untuk mengalirkan air dari tangki ke mangkuk. Kemudian, buang genangan air dalam tangki atau mangkuk.

Jika perlu, rendam spons untuk menyerap air dan peras dalam ember. Lalu, lap porselen kloset sampai kering.

Ilustrasi kloset.Shutterstock/zedspider Ilustrasi kloset.

Bersihkan area yang akan diperbaiki

Bagian yang retak perlu dibersihkan terlebih dahulu menggunakan amplas. Gunakan amplas yang bisa membuat permukaan menjadi kasar. Lalu, bilas dengan air dan biarkan mengering.

Baca juga: 5 Tanda Harus Mengganti Kloset Baru, Hemat Air dan Uang

Campurkan dan oleskan epoksi

Cara memperbaiki retak rambut di kloset berikutnya yaitu mencampurkan dan mengoleskan ekopsi. Campurkan dua bagian epoksi (katalis dan resin) sesuai petunjuk pada kemasan.

Kemudian, segera oleskan campuran tersebut pada bagian kloset yang retak menggunakan pisau dempul.

Ratakan epoksi agar seluruh bagian yang retak tertutupi. Lalu, biarkan epoksi mengering semalaman atau sesuai anjuran pada kemasan.

Isi kloset dengan air dan cek kondisinya

Setelah selesai ditambal, cek kondisi kloset dengan cara membuat katup penutup dan putar pegangan berlawanan arah jarum jam. Biarkan tangki kloset terisi ulang. Lalu, siram kloset untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com