Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2023, 17:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Dudukan kloset ternyata perlu diganti. Sebab, biasanya kloset terbuat dari bahan yang tidak tahan lama seperti plastik.

Hal lain menjadi alasan dudukan kloset perlu diganti karena biasanya semakin lama digunakan, engselnya semakin aus. Hal ini bisa menyebabkan dudukan kloset bergeser, sehingga tidak nyaman saat digunakan.

Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan mengencangkan engsel. Akan tetapi, solusi ini hanya bersifat sementara dan nantinya dudukan kloset akan kembali bergeser.

Baca juga: Dudukan Kloset Harus Rutin Diganti, Kenapa?

Maka dari itu, solusi jangka panjang yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti dudukan kloset tersebut. Dilansir dari HGTV, Sabtu (9/92023), berikut penjelasan selengkapnya.

Bahan dan alat

Ilustrasi kloset.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kloset.

Buka baut dan mur

Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu membuka baut dan mur yang ada di atas dudukan terlebih dahulu. Baut dan mur bisa dilepaskan menggunakan obeng.

Untuk melepas dudukan, pegang mur sembari membuka bautnya. Buka baut satu per satu. Beberapa perlengkapan dudukan toilet biasanya dilengkapi mur sayap yang bisa menahan baut.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih dan Mengukur Dudukan Kloset

Namun, jika tidak ada mur sayap, maka Anda bisa menggunakan kunci pas atau tang saat Anda hendak melepaskan baut.

Apabila ruang di area mur terlalu sempit, Anda bisa menggunakan kunci untuk menahan atau memindahkan mur di ruang sempit tersebut. Pegang mur di tempatnya menggunakan kunci pas, kemudian Anda buka bautnya.

Lepaskan dudukan kloset

Setelah baut terlepas, dudukan kloset bisa dilepaskan dengan cara mengangkatnya secara hati-hati. Kemudian, letakkan dudukan lama sedikit jauh dari area kloset agar tidak menyulitkan ruang gerak Anda saat memasang dudukan baru.

Pasang dudukan kloset baru

Terakhir, pasang dudukan baru dengan posisi yang benar. Tempatkan sekrup di dalam lubang dan baut atau ring baut di bawahnya.

Gunakan obeng untuk mengencangkan sekrup dan baut. Ulangi langkah tersebut sampai semua baut terpasang dengan kencang.

Baca juga: Cara Membersihkan Dudukan Kloset yang Bernoda

Kapan dudukan kloset harus diganti?

Secara umum, dudukan kloset bisa bertahan cukup lama, sekitar lima tahun atau lebih. Namun, jika ada retakan atau noda, dudukan kloset tersebut perlu langsung diganti.

Sean Richardson, Direktur di Complete Plumbing menerangkan bahwa, kloset dari plastik biasanya mudah berubah warna dan rusak.

Selain itu, engsenglanya pun mudah rapuh dan rusak seiring berjalannya waktu. Jika sudah rusak atau nodanya membandel, sebaiknya ganti dudukan dengan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com