Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kain Mikrofiber untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 05/01/2022, 22:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat membersihkan rumah seperti mengelap kaki-kaki furnitur atau peralatan masak, kain mikrofiber adalah pilihan yang tepat untuk digunakan.

Sebab, kain tersebut dapat dipakai berulang kali sehingga lebih hemat dibanding penggunaan tisu kertas sekali pakai. Kain mikrofiber juga bekerja lebih baik untuk membersihkan rumah daripada jenis kain lainnya.

Baca juga: 7 Permukaan yang Jauh Lebih Baik Dibersihkan dengan Kain Mikrofiber

Kain mikrofiber adalah serat sintetis yang terdiri atas polyester dan nilon. Polyester berfungsi menambahkan struktur seperti handuk, sedangkan nilon berfungsi memberikan penyerapan dan kepadatan pada kain mikrofiber

Dikutip dari Apartment Therapy, Rabu (5/1/2022), berikut manfaat menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan rumah. 

Baca juga: Cara Terbaik untuk Membersihkan Kain Mikrofiber yang Kotor

Ilustrasi kain mikrofiber. PIXABAY/DAVIE BICKER Ilustrasi kain mikrofiber.

Rumah jadi lebih bersih

Co-founder TidyChoice bernama Ana Andres menjelaskan, kain mikrofiber memiliki jutaan serat kecil yang memiliki muatan untuk menarik debu dan kotoran.

“Serat-serat ini terbelah secara kimiawi yang memungkinkan mereka berfungsi sebagai sekop kecil. Mereka mengambil apa pun yang ada di permukaan yang sedang dibersihkan,” ujar Andres.

Baca juga: Bagaimana dan Kapan Harus Menggunakan Kain Mikrofiber?

Nancy Simcox, asisten profesor pengajar di Department of Environmental and Occupational Health Sciences, University of Washington, Amerika Serikat, mengatakan kain mikrofiber memiliki serat sangat kecil yang dapat menembus retakan dan celah-celah tidak terjangkau oleh handuk kertas dan kain lap biasa.

Sebagai informasi, sehelai serat kain mikrofiber 100 kali lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Bahkan diameter sehelai seratnya 1/3 dari diameter kapas. 

Selain itu, serat kain mikrofiber menahan lebih banyak air dibanding kain lap atau spons biasa. Sederhananya, kain mikrofiber benar-benar mengangkat debu, kotoran, kuman, serta cairan yang tumpah dari permukaan. 

Menurut Simcox, fungsi mikrofiber yang efektif ini membuat seseorang tidak memerlukan  produk pembersih pendamping. 

Baca juga: Cara Mencuci dan Mengeringkan Kain Mikrofiber dengan Benar

Ilustrasi membersihkan laptop dengan kain mikrofiber.d3sign/Getty Images via Business Insider Ilustrasi membersihkan laptop dengan kain mikrofiber.

Membasmi bakteri 

Kain mikrofiber tidak hanya digunakan untuk membersihkan meja dapur atau counter.

Saat ini, banyak kain pel yang menggunakan mikrofiber karena bahannya jauh lebih unggul dari kapas.

Pada 2002, sebuah studi tentang kain pel mikrofiber dari University of California Davis Medical Center and the Environmental Protection Agency mengungkapkan bahwa penggunaan kain pel mikrofiber menghasilkan pengurangan bakteri sebesar 99 persen.

Baca juga: Jangan Mencuci Kain Mikrofiber dengan Mesin Cuci, Kenapa?

Kain mikrofiber juga jauh lebih ringan dan efisien dari kain pel tradisional sehingga kamu tidak perlu mencelupkannya ke air secara terus menerus atau berisiko mengontaminasi larutan pembersihmu.

Studi lain tentang kain pel mikrofiber adalah dari University of Massachusetts juga membuktikan bahwa kain mikrofiber menggunakan lebih sedikit air karena lebih menyerap sehingga lebih baik untuk lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com