Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Rumah Dapat Menjaga Kesehatan Mental, Ini Tipsnya

Kompas.com - 19/05/2022, 14:04 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari tiga perempat orang Inggris mengatakan bahwa rumah yang bersih penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan mereka.

Sebaliknya, rumah yang berantakan atau kotor dapat berdampak serius pada suasana hati. Angka ini meningkat lebih jauh pada mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. 

Baca juga: Tampilan Ruang Kerja di Rumah Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Studi yang dilakukan merek peralatan rumah tangga premium, Brabantia, menyoroti bagaimana ruangan yang tidak teratur dapat membuat kita merasa stres atau tidak bahagia. 

Bahkan hal itu bisa berdampak pada hubungan kita dengan keluarga dan pasangan serta mempengaruhi produktivitas kerja. 

Karena itu, penting membersihkan rumah dan menjaganya tetap rapi serta teratur demi menjaga kewarasan.  

Nah, untuk memudahkan pembersihan, Emma Kenny, psikolog sekaligus presenter TV asal Inggris, membagikan beberapa tips membersihkan rumah demi menjaga kesehatan mental dikutip dari Country Living, Kamis (19/5/2022). 

Baca juga: 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Justru Bikin Lebih Kotor 

Rumah rapi, pikiran tenang 

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Tanyastock Ilustrasi membersihkan rumah.
Emma mengatakan untuk tidak meremehkan kekuatan pembersihan. Pasalnya, pembersihan telah terbukti menenangkan pikiran, yang secara klinis terbukti mengurangi perasaan stres dan kecemasan, yang pada gilirannya meningkatkan tingkat kesejahteraan mental. 

Sesuatu yang sederhana seperti menyingkirkan kekacauan yang tidak diinginkan atau mengatur ruang dapat membuat perbedaan pada suasana hati. 

Baca juga: 4 Bunga yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Buat rencana strategi pembersihan rumah 

Buatlah rencana strategi untuk membersihkan rumah. Namun, Anda tidak perlu membersihkan rumah secara menyeluruh sekaligus. Susun rencana pembersihan menjadi beberapa bagian yang dapat dicapai. 

Misalnya, membersihkan ruangan tertentu lebih awal, kemudian pembersihan mendalam pada area lainnya. Jangan lupa beistirahat ketika sedang membersihkan rumah agar tidak kehilangan momentum. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Rutinitas Membersihkan Rumah Jadi Ramah Lingkungan

Libatkan anggota keluarga 

Ajak semua anggota keluarga untuk terlibat dalam membersihkan dan membereskan rumah guan memenuhi kebutuhan fisik dan emosional.

Emma menyarankan, komunikasi berdampingan telah terbukti sangat baik untuk mengurangi konflik serta meningkatkan komunikasi positif dan pembersihan bersama dapat memberikan kesempatan seperti itu.

Jadi, mengobrol sambil bekerja sebenarnya dapat membantu menjalin ikatan dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Membersihkan Rumah Secara Teratur 

Putar musik favorit 

Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet. Shutterstock/didesign021 Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet.
Selanjutnya, tips membersihkan rumah sambil menjaga kesehatan mental adalah memutar musik atau lagu favorit saat melakukan tugas pembersihan untuk membuat perasaan tetap bahagia sehingga meringankan pekerjaan.

Penelitian menunjukkan musik dapat membantu meningkatkan tingkat kebahagiaan dan melepaskan hormon perasaan baik.

Jadi, Anda tidak hanya akan merasa lebih positif dan mengurangi stres, tetapi juga membuat ruangan lebih bersih saat bersamaan. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Rumah dengan Batu Apung

Pilih aroma bebas stres

Wewangian tertentu dapat membantu Anda merasa lebih santai dan fokus. Dengan menggunakan diffuser aromaterapi bersama minyak esensial, rumah tidak hanya harum, tetapi juga membuat tetap fokus melakukan tugas pembersihan. 

Pilih aroma yang menghilangkan stres seperti peppermint, jeruk manis, dan rosemary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com