Kompas.com - 19/05/2022, 21:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, salah satu cara mengubah penampilan agar terlihat lebih segar adalah mengecat rambut. Cara ini juga memberikan perubahan yang instan. 

Umumnya, mengecat rambut dilakukan oleh seorang profesional di salon kecantikan. Namun, tak sedikit orang yang memilih mengecat rambut sendiri di rumah untuk menghemat pengeluaran. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku pada Pakaian

Namun, saat mengecat rambut, tak jarang cat rambut terciprat atau mengotori pakaian dan handuk yang dikenakan sebagai penutup atau alas. Akibatnya, meninggalkan noda yang cukup sulit dihilangkan.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (19/5/2022), berikut cara membersihkan noda cat rambut yang menempel pada pakaian. 

Baca juga: 5 Jenis Pakaian yang Tak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci

Cat rambut berwarna coklat, hitam, atau biru

  • Pembersihan awal

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Ketika cat rambut mengenai pakaian, segera membersihkannya menggunakan detergen cair yang mengandung enzim penghilang noda.

Tuangkan detergen pada sikat berbulu lembut, lalu oleskan pada noda cat, dan disikat hingga noda menipis atau cukup bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cat Dinding pada Pakaian

Isi ember dengan air dingin dan pemutih berbasis oksigen. Untuk pemutih, tuangkan sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kemasannya.

Rendam pakaian selama setidaknya delapan jam atau semalaman. Jika nodanya hilang, cuci pakaian seperti biasa. Jika masih ada sedikit noda, ulangi langkah pembersihan dengan pemutih.

Bila noda masih ada meski telah dibersihkan dan direndam selama berulang kali,, campurkan 4,5 liter air dan seperempat cangkir pemutih klorin. Rendam pakaian selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Namun, cara ini hanya bisa diterapkan pada pakaian berwarna putih. 

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Pakaian Baru Harus Dicuci Sebelum Dikenakan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.