Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Merenovasi Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Kompas.com - 17/07/2023, 08:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menjadi bagian yang lebih kecil dari sebuah rumah, kamar mandi adalah tempat yang sangat penting.

Di ruangan inilah Anda mandi, melakukan rutinitas perawatan kulit, merelaksasi diri, dan menyimpan barang-barang penting,  dari handuk, perlengkapan mandi, hingga skincare

Baca juga: Benda yang Harus Ada di Kamar Mandi agar Tampak Mewah

Namun, jika kamar mandi tidak sesuai dengan potensinya, Anda mungkin perlu mempertimbangkan melakukan renovasi.

Dari pekerjaan kecil, seperti memasang lebih banyak lampu, hingga pekerjaan lebih besar, seperti menambahkan bak mandi, ada beberapa kendala yang sering dialami pemilik rumah saat merenovasi kamar mandi.

Menyadari kesalahan umum dalam merenovasi kamar mandi akan memastikan Anda dapat melakukan proyek ini tanpa stres.

Nah, disadur dari Martha Stewart, Senin (17/7/2023), berikut kesalahan merenovasi kamar mandi yang harus dihindari. 

Baca juga: 5 Pembaruan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan untuk Menghemat Listrik

Tidak menetapkan anggaran 

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kamar mandi.
Menetapkan anggaran adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai proyek merenovasi kamar mandi maupun bagian rumah lainnya.

Tamara Hubinsky, desainer interior dan pendiri Tamara Hubinsky Interiors, mengatakan memiliki anggaran akan membantu Anda membuat banyak keputusan desain, memutuskan elemen mana yang ingin dikeluarkan, dan secara keseluruhan merasa senang dengan proyek yang dilakukan. 

Idealnya, anggaran Anda akan mencakup kontingensi untuk pembengkakan biaya atau pengeluaran tak terduga. Anggaran juga membantu Anda memutuskan di mana harus memangkas biaya jika diperlukan di tengah proyek.

Jika bekerja dengan anggaran ketat, fokuslah pada detail desain yang memiliki dampak paling besar, seperti cat baru dan pencahayaan berlapis. 

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Tampilan Kamar Mandi Mewah

Tidak memiliki rencana

Selanjutnya, kesalahan merenovasi kamar mandi yang harus dihindari adalah tidak memiliki rencana. Padahal, perencanaan penting untuk mencegah Anda mengalami masalah yang mengganggu alur kerja pada kemudian hari.

"Kamar mandi adalah sebuah teka-teki yang terdiri atas pipa ledeng fungsional dan dekoratif, pemanas, ventilasi, listrik, bahan finishing, dan aksesori," kata Hubinsky.

Sebagian besar pekerjaan renovasi terjadi dalam urutan tertentu dan tidak tersedianya barang yang tepat pada waktu tertentu akan menunda keseluruhan proyek.

Karena proyek ini sangat memakan waktu, perencanaan yang matang akan membantu  meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek merenovasi kamar mandi. 

Baca juga: 5 Bahan Alami Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah

Tidak menambahkan ruang penyimpanan

Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.SHUTTERSTOCK/SS 360 Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.
Menambahkan beberapa jenis ruang penyimpanan di kamar mandi adalah suatu keharusan, jadi prioritaskan hal ini selama renovasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com