Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Merenovasi Kamar Mandi Tanpa Bikin Kantong Bolong

Kompas.com - 26/09/2022, 14:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu ruangan yang digunakan setiap hari, kamar mandi perlu mendapat perawatan dan perhatian besar dalam hal desain serta dekorasi dibanding ruang lainnya di rumah.

Namun, meski berukuran kecil, sering kali biaya merenovasi kamar mandi menghabiskan biaya besar. Anda dapat menghabiskan puluhan juta untuk mengubah tampilan kamar mandi terlihat baru dan menarik. 

Untungnya, ada beberapa cara menekan biaya merenovasi kamar mandi. Dilansir dari My Decorative, Senin (26/9/2022), berikut trik merenovasi kamar mandi dengan anggaran minim. 

Baca juga: Penyebab Jamur Hitam di Kamar Mandi dan Cara Membersihkannya

Gunakan aksesori sederhana 

Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.UNSPLASH/STEVEN UNGERMANN Ilustrasi kamar mandi, kloset di kamar mandi.
Aksesori kamar mandi sederhana adalah cara menyenangkan untuk mendobrak kenormalan kamar mandi standar karena aksesori tersebut menghidupkan ruang mandi tanpa biaya besar.

Baik itu mengganti tempat tisu toilet maupun memasang batang handuk baru, aksesori modern dapat membuat perbedaan besar di kamar mandi.

Pikirkan tentang countertops kayu

Countertops kamar mandi sering menjadi pusat daya tarik. Kabar baiknya adalah ada berbagai bahan dan desain countertops untuk dipilih yang tidak menguras dompet.

Pilihan populer ini termasuk granit, marmer, dan kuarsa. Namun, meja kayu sering kali merupakan pilihan terbaik untuk dipertimbangkan karena harganya terjangkau serta modis. Hal harus Anda lakukan adalah memutuskan finishing yang tepat untuk desain. 

Baca juga: 6 Cara Memberikan Sentuhan Kemewahan di Kamar Mandi

Ganti handuk lama 

Perlengkapan mandi yang sudah kusam dan kuno seperti handukserta linen dapat memperburuk tampilan kamar mandi.

Maka itu, perlu mengganti perlengkapan mandi yang sudah kuno dengan yang baru. Apabila Anda belum mengganti handuk dalam lima tahun terakhir, mungkin sudah waktunya membeli satu set handuk dan waslap baru. Apalagi, mengingat cara ini mudah serta cukup terjangkau dilakukan. 

Baca juga: Tips Merenovasi Kamar Mandi yang Dapat Meningkatkan Nilai Rumah

Ganti tirai shower 

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi tirai shower.SHUTTERSTOCK/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi tirai shower.
Selanjutnya, cara merenovasi kamar mandi dengan anggaran minim adalah mengganti tirai shower. Para ahli merekomendasikan menggunakan tirai shower dengan warna-warna cerah untuk menghidupkan ruang kecil dan membuat kamar mandi tampak menarik. 

Tidak perlu khawatir tentang biaya karena ada banyak pilihan tirai shower dengan harga murah yang dapat dipilih.

Gantung cermin ke dinding 

Cermin merupakan bagian penting dari kamar mandi, terutama ruang rias. Temukan cermin berukuran bagus yang juga berfungsi sebagai hiasan dinding.

Atau Anda dapat memperbarui cermin dengan menambahkan bingkai warna-warni untuk menghadirkan nuansa ceria di kamar mandi. 

Baca juga: 5 Tanda Saatnya Perlu Merenovasi Kamar Mandi

Pencahayaan

Ilustrasi kamar mandi kecil.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi kamar mandi kecil.
Pencahayaan merupakan aspek paling diabaikan saat merenovasi kamar mandi. Padahal, pencahayaan penting di kamar mandi untuk menonjolkan ruangan.

Pastikan kamar mandi mendapat penerangan yang memadai dengan memasang lampu neon dan cermin pada dinding untuk meningkatkan pantulan. Lakukan dengan benar dan kamar mandi akan memiliki daya tarik yang sama sekali baru. 

Baca juga: Ingin Merenovasi Kamar Mandi? Gunakan 5 Bahan Ramah Lingkungan Ini

Hidupkan kamar mandi dengan tanaman dan pohon 

Terakhir, trik merenovasi kamar mandi dengan anggaran minim adalah menghidupkannya dengan tanaman.

Jika memiliki cukup ruang di kamar mandi, cobalah gunakan untuk meletakkan tanaman hias guna menambah keindahan interior.

Selain itu, tanaman juga bisa menciptakan efek menenangkan serta menjaga udara tetap segar di kamar mandi. Untuk efek lebih besar, Anda bisa menggunakan pohon pot seperti pohon karet, pinus Norfolk, atau pohon dolar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com