Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membersihkan Bantal yang Menguning, Bisa Pakai Garam dan Cuka

Kompas.com - 21/12/2023, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantal bisa menguning seiring frekuensi penggunaannya. Penyebab bantal menguning antara lain keringat, noda riasan, minyak tubuh, air liur, hingga basah karena rambut.

Anda harus mencuci bantal secara menyeluruh dua kali setahun untuk menghindari noda, namun meskipun demikian, noda kuning terkadang dapat terlihat.

Jika bantal menguning, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda yang tidak sedap dipandang tersebut.

Dilansir House Digest, Kamis (21/12/2023), berikut beberapa cara membersihkan bantal menguning.

Baca juga: 5 Cara Memadukan Bantal Sofa agar Tampak Menarik

Ilustrasi baking soda untuk membersihkan bantal. SHUTTERSTOCK/YUPHAYAO POOH'S Ilustrasi baking soda untuk membersihkan bantal.

1. Gunakan baking soda

Soda kue alias baking soda memiliki manfaat yang luar biasa dalam membuat kue, namun kegunaannya tidak hanya terbatas di dapur. Baking soda adalah pilihan yang bagus untuk digunakan sebagai perawatan awal sebelum mencuci jika noda yang ingin Anda hilangkan sangat parah.

Selain itu, baking soda merupakan alternatif alami untuk larutan kimia yang lebih keras yang mungkin tidak ingin Anda gunakan.

Untuk menggunakan baking soda untuk membersihkan bantal yang menguning, Anda perlu meluangkan waktu sebelum mencucinya.

Jackie Shepherd, pakar peralatan rumah tangga, merekomendasikan untuk merendam bantal ke dalam air dingin selama 30 menit, lalu oleskan soda kue ke noda kuning selama 30 menit lagi.

Baca juga: 6 Manfaat Menggunakan Bantal Kapuk, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Meskipun Shepherd tidak merinci berapa banyak soda kue yang harus dioleskan pada noda, Anda disarankan untuk menggunakan soda kue secukupnya saja untuk menutupinya sehingga Anda tidak mendapatkan banyak noda berlebih.

Selain itu, pastikan untuk menghilangkan semua sisa soda kue setelah 30 menit berlalu untuk menghindari kekacauan besar di mesin cuci atau kamar tidur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com