Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2023, 21:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga aster afrika merupakan salah satu jenis bunga aster yang penampilannya sangat cantik. Bunga ini memiliki warna cerah seperti ungu, merah muda, kuning, oranye, dan putih.

Kelopak bunga ini halus dan rata, seperti bunga aster pada umumnya. Daunnya bervariasi ada yang berbentuk bulat telur lebar dan halus, bergerigi, dan berlobus.

Baca juga: Cara Merawat Bunga Aster agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

Bunga aster afrika cocok ditanam di area yang mendapat paparan sinar matahari penuh dengan jenis tanah lembap dan berdrainase baik.

Dikutip dari The Spruce, Rabu (20/12/2023), berikut ini cara menanam dan merawat bunga aster afrika agar tumbuh subur dan cantik.

Cara menanam bunga aster afrika

bunga aster afrikaShutterstock/Burhan Oral GUDU bunga aster afrika

Mayoritas varietas bunga aster afrika adalah hibrida dan tidak bisa tumbuh dari benih yang diperoleh dari biji tanaman.

Sebagai gantinya, bunga ini bisa diperbanyak dengan cara stek. Cara perbanyakan ini bisa menghasilkan tanaman yang sifatnya sama persis dengan tanaman induknya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Aster di Pot

Cara menanam bunga aster afrika dari stek diawali dengan memasukkan tanah kedalam pot atau polybag. Selanjutnya, potong batang tanaman aster afrika sepanjang dua ruang daun.

Buang semua daun yang ada di batang stek untuk mengurangi penguapan. Lalu, celupkan potongan batang stek ke dalam zat pengatur tumbuh.

Selanjutnya, tancapkan stek batang aster afrika pada pot yang sudah berisi tanah. Beri sungkup untuk menjaga kelembapan stek bunga aster afrika.

Tunggu empat sampai enam minggu sampai akar tumbuh, kemudian pindahkan ke pot yang lebih besar atau ke lokasi yang lebih terang.

Baca juga: Cara Merawat Bunga Aster Gerbera di Dalam Ruangan

Cara merawat bunga aster afrika

Sama halnya dengan tanaman bunga lainnya, bunga aster afrika juga membutuhkan perawatan yang rutin agar bisa tumbuh dan berbunga dengan cantik. Berikut cara merawat bunga aster afrika yang perlu dilakukan.

  • Memastikan tanaman mendapatkan cahaya dengan cukup

Bunga aster afrika akan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh. Tanaman ini sebenarnya bisa tumbuh di area yang sedikit ternaungi, walaupun bunga yang dihasilkan lebih sedikit.

Bunga aster afrika umumnya akan mekar saat mendapatkan cahaya dan menutup saat malam hari atau cuaca mendung yang minim cahaya.

Maka dari itu, untuk membuat tanaman aster afrika tumbuh dengan maksimal, letakkan bunga ini di tempat yang mendapatkan cahaya cukup.

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Aster agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com