Kompas.com - 19/03/2021, 14:43 WIB
Ilustrasi bunga Aster. PIXABAY/CAPRI23AUTOIlustrasi bunga Aster.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aster atau bunga aster merupakan salah satu bunga hias yang bisa dikoleksi seseorang di rumahnya, baik di tanam di dalam pot, maupun perkarangan rumah.

Bunga aster sendiri merupakan tanaman bunga hias yang berasal dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm. Sekilas, tampilan bunga aster seperti bunga kertas (hampir mirip dengan bunga matahari).

Ciri dari bunga aster sendiri berdaun susun dan memiliki banyak warna mulai dari putih, biru, ungu, juga warna lain di mana tengah-tengah bunganya biasanya berwarna kuning.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga Indoor yang Cantik dan Mudah Dirawat

Karena tampilannya yang cantik dan memesona, hal ini membuat orang-orang berupaya untuk membudidayakan bunga aster agar cepat berbunga, sehingga bisa semakin cantik dan menarik saat dipandang.

Ilustrasi bunga Aster. PIXABAY/SHIRLEY HIRST Ilustrasi bunga Aster.

Jika kamu merawat bunga satu di rumahmu dan ingin membuatnya rajin berbunga, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses perawatannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilihat dari kanal Youtube Pak Guru Andi Garden, Jumat (19/3/2021), berikut ini cara merawat bunga aster agar bisa tumbuh subur dan rajin berbunga.

1. Perhatikan media tanam

Syarat utama agar tanaman aster milikmu bisa tumbuh dengan baik dan subur, serta rajin berbunga adalah memerhatikan media tanamnya.

Baca juga: 6 Bunga Berwarna Ungu yang Mempercantik Halaman Rumah

Untuk media tanam bunga aster, kamu bisa menggunakan tanah kompos yang dicampur dengan sekam ataupun juga dengan pupuk kandang.

Selain itu, usahakan media tanam itu gembur, tidak keras, sehingga akan memperlancar pertumbuhan akar dari bunga aster.

Mengutip laman daya ternak, media tanam yang baik untuk bunga aster adalah media tanam yang memiliki komposisi 1:1:1 antara tanah, pupuk kompos dan sekam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X