Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Lecet di Sofa Kulit Pakai Petroleum Jelly

Kompas.com - 21/06/2023, 12:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa kulit adalah pilihan populer di kalangan pemilik rumah karena tampilannya yang elegan, kokoh, dan mudah dibersihkan. Meskipun demikian, sofa kulit sangat rentan terhadap goresan dan lecet, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil di rumah.

Karena menggantinya mungkin bukan pilihan yang layak mengingat harganya, Anda dapat menggunakan petroleum jelly untuk mengatasi sofa kulit lecet.

Dikutip dari House Digest, Rabu (21/6/2023), petroleum jelly adalah produk yang harganya terjangka dan dapat digunakan untuk melembapkan sofa kulit dan menghilangkan bekas yang tidak diinginkan dan goresan kecil dari permukaannya.

Baca juga: 8 Langkah Membersihkan Sofa Kulit agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Ilustrasi petroleum jelly. SHUTTERSTOCK/TOWFIQU AHAMED BARBHUIYA Ilustrasi petroleum jelly.

Petroleum jelly bisa melindungi sofa kulit dari kerusakan air, meningkatkan warna dan kilauannya, dan menggosoknya hingga bersih.

Meskipun dapat bekerja sangat baik untuk sofa kulit dan membantu Anda merawatnya, sifat berminyak petroleum jelly dapat meninggalkan noda permanen dan merusak kulit tidak digunakan dengan cara yang benar.

Cara menggunakan petroleum jelly untuk mengatasi sofa kulit lecet

Sebelum Anda mengoleskan petroleum jelly pada lecet sofa kulit, penting untuk menguji apakah itu mengiritasi permukaan sofa. Oleskan sedikit saja pada tempat yang tersembunyi dan gosok area tersebut setelah mengering.

Jika Anda tidak melihat adanya kerusakan setelah beberapa waktu, Anda dapat menggunakan petroleum jelly untuk memperbaiki lecet tersebut.

Baca juga: Sofa Kulit dan Kain Berbau? Atasi dengan Cara Ini

Bersihkan sofa kulit menggunakan kain lembap untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menumpuk, dan biarkan mengering. Gunakan kain mikrofiber bebas serat untuk mencegah residu tersangkut di kulit.

Gunakan kain untuk menggosok sedikit petroleum jelly secara menyeluruh pada bekas lecet dan goresan. Setelah Anda puas dengan aplikasinya, biarkan permukaan tidak tersentuh setidaknya selama satu jam sebelum membersihkan kelebihannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com