Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan dan Merawat Sofa Kulit agar Tetap Bagus

Kompas.com - 11/11/2022, 19:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam kesalahan yang dapat merusak sofa kulit dan memperpendek usia pemakaiannya, salah satunya tidak membersihkan dan merawat sofa kulit dengan baik.

Kesalahan ini umum dilakukan dan dianggap enteng. Ada beberapa alasan orang jarang membersihkan sofa kulit seperti permukaannya masih tampak bersih hingga tidak tahu cara membersihkannya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit dengan Cuka Putih 

Lantas, bagaimana cara merawat sofa kulit? Dilansir dari Martha Stewart, Jumat (11/11/2022), berikut cara membersihkan sofa kulit.

Bersihkan debu dan kotoran

Ilustrasi membersihkan sofa kulit sintetis. SHUTTERSTOCK/FOTODUETS Ilustrasi membersihkan sofa kulit sintetis.
Sofa kulit harus dibersihkan dari debu dan kotoran apa pun setiap bulan. Pastikan turut membersihkan bagian bawah alas duduk sofa dan setiap celah yang memiliki tumpukan debu.

Presiden Molly Maid, Vera Peterson, menyarankan menggunakan kain mikrofiber kering untuk menghilangkan debu. 

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Sebaiknya Pilih yang Mana?

Gunakan produk pembersih

Peterson mengungkapkan, membersihkan sofa kulit dengan produk pembersih biasanya tidak diperlukan. Produk pembersih bisa membuat sofa mengembangkan patina.

Hanya saja, apabila sofa kulit sudah sangat kotor dan perlu dibersihkan secara menyeluruh, penggunaan produk pembersih diperlukan. 

Untuk menggunakan produk pembersih, campurkan air dan cuka putih dalam jumlah sama ke dalam ember.

Setelah itu, basahi kain mikrofiber dan peras hingga lembap, lalu seka seluruh permukaan sofa kulit dan seka kembali menggunakan kain lap kering. Hindari menggunakan sofa kulit hingga benar-benar kering.

“Jangan gunakan produk pembersih berbahan dasar minyak bumi atau bahan pembersih yang keras karena dapat merusak sofa kulit dan membuatnya terasa lengket,” ujar ahli pelapis furnitur, Edgar Blazona.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis agar Penampilannya Terjaga

Kondisioner sofa kulit

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit

Sofa kulit cenderung mengering sehingga perlu diolesi kondisioner. Kondisioner sofa kulit membantu menambah kelembapan kembali ke dalam kulit dan mencegah keretakan.

Aplikasikan kondisioner sofa kulit sekali setiap empat hingga enam bulan. Namun, lakukan lebih sering jika tinggal di iklim kering atau sofa terpapar sinar matahari.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bisa Merusak Sofa Kulit, Apa Saja?

Bersihkan secara profesional

Ada beberapa noda pada sofa kulit yang mudah dibersihkan sendiri, tapi ada noda membandel yang sulit hilang meski sudah dibersihkan berkali-kali.

Untuk mengatasinya, cobalah membersihkan sofa kulit secara profesional, bahkan pembersihan secara profesional dianjurkan meski sofa kulit tidak bernoda untuk menjaga tampilan sofa tetap bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com