Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Luas

Kompas.com - 02/11/2022, 15:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan kecil memiliki keuntungan sendiri seperti lebih mudah mendekorasi, membersihkan, dan mengaturnya.

Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memberikan kesan lebih besar pada ruang kecil, dari meminimalkan kekacauan, menambahkan permukaan reflektif seperti cermin, hingga menggunakan warna netral.

Nah, untuk membantu Anda, berikut cara mendekorasi ruang kecil agar tampak luas dilansir dari The Spruce, Rabu (2/11/2022).  

Baca juga: Trik Mengecat Ruang Kecil agar Terlihat Lebih Besar 

Bersihkan kekacauan

Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai.
Tidak ada yang membuat ruang kecil terasa lebih sempit daripada memiliki terlalu banyak barang. Cari tahu cara menata barang koleksi agar tidak terlihat.

Dengan hal-hal yang tertata rapi dan tidak terlihat, ruang kecil akan tampak terbuka serta lebih besar. 

Buka jalan

Ketika furnitur dan aksesoris menghalangi pandangan ke dalam ruangan, ini dapat membuat ruang terlihat sempit.

Dengan memindahkan furnitur keluar dan menjauh dari jalan setapak, Anda akan membuka ruang dan membuatnya terasa lebih besar.

Selain itu, memilih furnitur pendek seperti ottoman, kursi terbuka tanpa lengan, atau meja rendah, serta letakkan furnitur besar dan tinggi di sepanjang dinding daripada ruang terbuka. Jika bisa melihat lantai, ruangan akan terlihat lebih besar. 

Baca juga: 7 Trik Memaksimalkan Setiap Area di Ruang Kecil agar Tampak Menarik 

Memilih warna lembut dan ringan

Warna gelap dan hangat membuat ruang terasa nyaman serta intim, sedangkan warna terang dan sejuk membuat ruang terasa terbuka dan lapang. Untuk efek optimal, pilih nada lembut seperti biru dan hijau. 

Gunakan skema warna netral 

Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil, ilustrasi rumah berkonsep terbuka.SHUTTERSTOCK/Cinematographer Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil, ilustrasi rumah berkonsep terbuka.
Pilih warna berada dalam keluarga yang sama dan gunakan kain pelapis anyaman nada-ke-nada, pelapis dinding bertekstur, dan kain gorden berwarna.

Warna-warna sejuk dan warna-warna hangat yang lembut pada sebagian besar permukaan memberikan tampilan lebih terbuka pada ruang kecil.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas

Koordinasikan warna dinding dan furnitur 

Warna kontras cenderung memecah ruang sehingga membuatnya tampak lebih kecil. Perabotan yang sesuai dengan warna dinding tidak terlalu mencolok dan cenderung menyatu dengan ruang sehingga memberikan ilusi ruangan yang lebih besar. 

Berikan pencahayaan

Setiap ruangan akan terlihat lebih besar jika cukup terang, baik pencahayaan alami maupun buatan. Singkirkan tirai tebal dan buka jendela untuk membiarkan cahaya dari luar masuk ke ruangan. 

Bisa pula menambahkan lebih banyak lampu atau memasang lampu track atau lampu tersembunyi. 

Baca juga: 7 Trik Memaksimalkan Setiap Area di Ruang Kecil agar Tampak Menarik 

Tambahkan permukaan reflektif

Ilustrasi ruang tamu kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang tamu kecil
Gunakan cermin berbingkai besar pada dinding untuk memberi efek besar pada ruangan sekaligus membuanta lebih bergaya.

Ruangan dan cahaya akan dipantulkan, menghasilkan perasaan lebih terbuka. Letakkan meja kopi atau meja samping dengan sepotong cermin piring miring atau beli lemari laci bercermin untuk efek serupa. 

Baca juga: 5 Tanaman Mini yang Cocok dan Dapat Mempercantik Ruang Kecil  

Gunakan furnitur dan aksesori besar

Gunakan beberapa perabot atau aksesori berukuran besar dan sederhana sebagai ganti beberapa aksesori lebih kecil.

Menggunakan aksesori kecil dapat membuat ruang kecil terlihat berantakan. Dengan ruang terbuka dan balok warna yang besar, ruangan akan tampak lebih tenang serta nyaman.

Pertahankan pelapis polos

Pilih pelapis berwarna solid untuk furnitur daripada kotak-kotak tebal, garis-garis, atau cetakan. Gunakan tekstur untuk nada bunga dan netral bila memungkinkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com