Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas

Kompas.com - 27/05/2022, 22:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah berukuran kecil menjadi hunian yang saat ini sering ditemukan di kota-kota besar.

Namun, rumah kecil menjadi pilihan tepat untuk mereka yang sibuk dan memiliki anggaran terbatas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah atau ruang kecil terasa lebih lapang dan besar meski tidak bisa menambahkan ukuran di dalamnya. 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (27/5/2022), berikut cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar dan luas seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Rumah Kecil dengan Model Loft  

Furnitur tanpa lengan

Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecilUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecil
Lengan pada sofa dan kursi, terutama yang besar atau kotak, memakan banyak ruang. Jenis furnitur berlengan hanya boleh digunakan di ruangan besar yang memiliki cukup ruang.

Di ruang kecil, lengan furnitur harus ramping, bahkan tanpa lengan. Slipper sofa adalah potongan berlapis yang tidak memiliki lengan dan sangat bagus untuk ruang kecil karena dapat menghemat beberapa sentimeter atau meter pada setiap sisinya.

Secara visual, furnitur tanpa lengan juga terlihat jauh lebih ramping dan kecil. Pastikan Anda tahu bagaimana menggunakan furnitur, terutama sofa sebelum membelinya.

Baca juga: Cara Mengemas Furnitur Saat Pindah Rumah agar Tidak Rusak  

Karpet ukuran yang tepat 

Jika tidak ingin ruangan terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya, sangat penting  mendapatkan ukuran karpet yang tepat.

Meletakkan karpet yang terlalu kecil untuk ruangan adalah salah satu kesalahan dekorasi paling umum yang dilakukan orang. Ini membuat ruangan terlihat berombak dan terputus-putus.

Di setiap ruangan, khususnya ruang kecil, Anda perlu memastikan karpet cukup besar yang dapat menampung kaki depan furnitur. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Aman Membeli Furnitur Secara Online 

Penyimpanan tersembunyi

Ilustrasi ruang tamu kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang tamu kecil
Cara lain membuat ruangan tampak besar adalah memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Karena menambahkan unit penyimpanan tidak selalu memungkinkan, cari item yang memiliki penyimpanan tersembunyi.

Misalnya, memilih meja kopi dengan rak, meja samping dengan laci, dan bangku berlubang dengan bagian atas yang dapat dilepas. 

Keranjang penyimpanan juga bagus untuk mengumpulkan semua barang yang cenderung menumpuk serta membuat ruangan terasa berantakan dan kecil. 

Baca juga: Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Tamu Menurut Feng Shui 

Hiasi dengan cermin besar

Ingin membuat ruangan terlihat hampir dua kali lebih besar dari aslinya? Letakkan cermin besar pada ruangan. 

Cermin sangat bagus membuat ruangan terlihat lebih besar dan kekuatannya tidak boleh diremehkan. Letakkan atau gantung cermin pada posisi yang tepat untuk memberikan efek maksimal. 

Letakkan cermin di seberang jendela jika memungkinkan. Cahaya alami akan dipantulkan dan membuat ruangan terlihat luas. Jangan pernah takut untuk menggunakan cermin besar di ruang kecil.

Cermin menciptakan ilusi kedalaman dan ruang sehingga dapat membantu membuat ruangan kecil terasa lebih besar. Selain itu, cermin yang memiliki bingkai unik dapat menjadi tambah dekorasi.  

Baca juga: Feng Shui Larang Ada Cermin di Belakang Sofa, Ini Alasannya 

Ilusi plafon tinggi

Anda tidak dapat mengubah ketinggian plafon, tetapi ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk membuatnya terlihat lebih tinggi sehingga membuat ruangan terlihat lebih besar.

Pertama-tama, pastikan mengecat plafon dengan warna putih atau warna yang sangat pucat, tetapi jangan berhenti di situ.

Cat bagian atas dinding dengan warna yang sama. Ini akan membuat plafon terlihat lebih tinggi dari sebenarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com