Kompas.com - 27/05/2022, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah berukuran kecil menjadi hunian yang saat ini sering ditemukan di kota-kota besar.

Namun, rumah kecil menjadi pilihan tepat untuk mereka yang sibuk dan memiliki anggaran terbatas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah atau ruang kecil terasa lebih lapang dan besar meski tidak bisa menambahkan ukuran di dalamnya. 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (27/5/2022), berikut cara membuat ruang kecil terlihat lebih besar dan luas seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Rumah Kecil dengan Model Loft  

Furnitur tanpa lengan

Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecilUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecil
Lengan pada sofa dan kursi, terutama yang besar atau kotak, memakan banyak ruang. Jenis furnitur berlengan hanya boleh digunakan di ruangan besar yang memiliki cukup ruang.

Di ruang kecil, lengan furnitur harus ramping, bahkan tanpa lengan. Slipper sofa adalah potongan berlapis yang tidak memiliki lengan dan sangat bagus untuk ruang kecil karena dapat menghemat beberapa sentimeter atau meter pada setiap sisinya.

Secara visual, furnitur tanpa lengan juga terlihat jauh lebih ramping dan kecil. Pastikan Anda tahu bagaimana menggunakan furnitur, terutama sofa sebelum membelinya.

Baca juga: Cara Mengemas Furnitur Saat Pindah Rumah agar Tidak Rusak  

Karpet ukuran yang tepat 

Jika tidak ingin ruangan terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya, sangat penting  mendapatkan ukuran karpet yang tepat.

Meletakkan karpet yang terlalu kecil untuk ruangan adalah salah satu kesalahan dekorasi paling umum yang dilakukan orang. Ini membuat ruangan terlihat berombak dan terputus-putus.

Di setiap ruangan, khususnya ruang kecil, Anda perlu memastikan karpet cukup besar yang dapat menampung kaki depan furnitur. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Aman Membeli Furnitur Secara Online 

Penyimpanan tersembunyi

Ilustrasi ruang tamu kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang tamu kecil
Cara lain membuat ruangan tampak besar adalah memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Karena menambahkan unit penyimpanan tidak selalu memungkinkan, cari item yang memiliki penyimpanan tersembunyi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.