Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Freezer Mengeluarkan Suara Mendengung? Ini Penyebabnya

Kompas.com - 02/11/2022, 09:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer yang berfungsi dengan baik tidak mengeluarkan banyak suara, tetapi juga tidak hening. Jika freezer mengeluarkan suara mendengung, itu mungkin merupakan tanda pengoperasian normal.

Namun, ada baiknya untuk menyelidiki suara bising yang berasal dari freezer. Pasalnya, terkadang suara dengungan dapat menunjukkan bahwa freezer perlu diservis.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Rabu (2/11/2022), berikut beberapa penyebab freezer mengeluarkan suara mendengung dan solusinya.

Baca juga: Berapa Lama Daging Sapi Bisa Disimpan di Kulkas dan Freezer?

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/PJJARUWAN Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

1. Kebisingan kompresor

Saat freezer mendingin, kompresor, yang biasanya berada di bagian belakang freezer dekat bagian bawah, mengeluarkan suara dengungan pelan dan pelan. Kompresor biasanya berjalan 80 hingga 90 persen dari waktu.

Jika Anda menambahkan makanan dalam jumlah besar ke dalam freezer, kompresor dapat bekerja terus-menerus hingga suhu internal mendingin kembali. Jika Anda sering membuka dan menutup pintu freezer, ini juga akan meningkatkan waktu kerja kompresor.

Namun, suara kompresor tidak perlu dikhawatirkan kecuali dengungannya terlalu keras. Jika demikian, hubungi teknisi untuk memeriksa dan memperbaiki freezer.

2. Kumparan kondensor kotor

Jika koil kondensor dan kipas freezer kotor, aliran udara akan terhambat. Akhirnya, freezer akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan bagian dalamnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas dan Freezer dengan Benar

Hal ini dapat mengakibatkan suara mendengung selama pengoperasian. Meskipun ini tidak berarti freezer rusak, Anda harus membersihkan gulungannya.

Cabut kabel daya freezer dan bersihkan kumparan kondensor dan kipas, yang biasanya ada di bagian belakang atau atas freezer, dengan sikat lembut atau vakum dengan sikat tambahan. Kumparan kondensor dari beberapa freezer mungkin tidak dapat diakses.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com