Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Memaksimalkan Ruang Kecil Menurut Para Ahli

Kompas.com - 08/02/2023, 17:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di ruang atau rumah kecil, seperti apartemen, sering kali memberi kesulitan untuk menata ruangan tetap rapi dan teratur.

Hal ini tak lain karena keterbatasan ruang yang dimiliki, ditambah minimnya ruang penyimpanan. Padahal, ruang kecil tidak harus berantakan dan kacau. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Menata Barang di Ruang Kecil

Faktanya, tinggal di rumah kecil menantang penghuninya untuk berkreasi dan mempertimbangkan setiap inci persegi. Selain itu, memaksa untuk lebih cermat dalam menyimpan barang-barang.

Menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dan hanya menyimpan barang-barang yang fungsional dan dibutuhkan dapat membuat kita merasa lebih bebas serta dekat dengan lingkungan sekitar.

"Kami senang mendesain rumah-rumah kecil, mereka ramah lingkungan dan lebih fungsional jika dirancang dengan suatu tujuan," kata desainer interior Lizzie McGraw. 

Dikutip dari Real Homes, Rabu (8/2/2023), sejumlah ahli desain interior membagikan cara memaksimalkan ruang kecil seperti berikut. 

Baca juga: 6 Cara Mengecat Ruang Kecil agar Tampak Besar dan Luas

Ucapkan selamat tinggal pada "Barang" ekstra

Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai.
Kita tidak bisa menyimpan semua perabot, dekorasi, pakaian, dan barang-barang sentimental yang pernah di miliki. Tentu saja, menyimpan semuanya dapat membuat ruangan menjadi sangat sempit dan penuh sesak.

Heather Goerzen, editor desain Havenly, mengatakan hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengedit dan memilah-milah. Jual atau sumbangkan barang-barang yang tidak lagi digunakan. 

"Ini mungkin membutuhkan beberapa keputusan sulit, tapi mengucapkan selamat tinggal pada beberapa barang untuk mengosongkan ruang pada akhirnya akan menghasilkan ruang kecil yang terasa lebih tenang, nyaman, dan mengundang," ucapnya. 

Baca juga: 5 Cara Menempatkan Cermin di Ruang Kecil

Terorganisir

Selanjutnya, cara memaksimalkan ruang kecil adalah mengorganisir semua barang. Setelah memilah-milah barang-barang yang penting, saatnya mencarikan tempat untuk benda tersebut.

"Semuanya harus ada tempatnya," ucap desainer interior Megan Crawley dari Megan Crawley Designs.

Ini mungkin terlihat merepotkan, tapi memeriksa setiap laci atau lemari dan menemukan tempat tepat untuk barang-barang akan membuat hidup Anda lebih mudah dalam jangka panjang.

"Keranjang, peti, baki, dan kotak semuanya penting untuk menyusun barang-barang,  menjaga barang-barang di ruang kecil tetap berisi, dan semua ruang yang dapat digunakan tetap fungsional dan tenang," imbuh Crawley. 

Baca juga: 9 Cara Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Luas

Go vertikal

Ilustrasi ruang keluarga kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil
Menurut Crawley, memilih desain vertikal untuk ruang kecil. Dia suka memasang rak buku yang tinggi, rak dinding, dan menggunakan lemari laci daripada meja rias yang lebar, yang semuanya memiliki tapak lebih kecil.

Goerzen juga penggemar berat trik desain vertikal, yang mengarahkan mata ke atas dan menciptakan ilusi ruang lebih besar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com