Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Dinding Ruang Bawah Tanah Agar Cantik dan Menarik

Kompas.com - 13/02/2024, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bawah tanah perlu ditata dan didekorasi dengan benar agar terlihat estetik, rapi, dan nyaman.

Ada banyak cara untuk membuat ruang bawah tanah terlihat menarik. Salah satunya dengan mendekorasi area dinding ruang bawah tanah dengan berbagai ornamen dekorasi.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (13/2/2024), berikut ini ide dekorasi dinding ruang bawah tanah agar ruangan terlihat lebih cantik dan menarik.

Baca juga: 6 Cara Merombak Ruang Bawah Tanah Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Pilih backsplash yang menarik

Ilustrasi ruang keluarga nyaman seperti lobi hotelShutterstock/Sheila Say Ilustrasi ruang keluarga nyaman seperti lobi hotel

Jika ruang bawah tanah digunakan untuk dapur, maka salah satu cara mendekorasi dinding ruang bawah tanah yaitu memasang backsplash yang menarik.

Backsplash berwarna putih banyak dipilih karena akan membuat ruang bawah tanah terkena mewah, bersih, dan lapang.

Cat dinding berwarna hitam

Ide dekorasi dinding ruang bawah tanah selanjutnya yaitu menghias dinding dengan cat berwarna hitam. Warna hitam akan memberikan suasana santai di ruangan tersebut.

Cat hitam akan terlihat kontemporer dan sangat tinggi apabila dipadukan dengan marmer berwarna hitam mewah.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dinding Ruang Makan Agar Terlihat Menarik

Gabungkan batu bata dengan papan

Batu bata ekspos yang dipasang di dinding ruang bawah tanah akan menambah estetika di ruangan tersebut. Selain itu, batu bata juga menjadi daya tarik visual yang cantik.

Batu bata bisa dipadukan dengan papan yang dipasang di dinding. Papan tersebut akan terlihat menarik apabila dicat dengan warna netral seperti putih atau krem.

Pasang wallpaper

Wallpaper juga bisa digunakan untuk menghias dinding di ruang bawah tanah. Wallpaper akan membuat dinding terlihat lebih cantik dan menarik.

Pilihlah motif dan warna wallpaper yang mencolok agar ruang bawah tanah terlihat lebih ceria dan membahagiakan.

Baca juga: 6 Ide Wallpaper yang Cocok Dipasang di Area Pintu Masuk

Buat dinding lebih fungsional

Ilustrasi ruang bawah tanah atau basement.Shutterstock/Piixel Thing Ilustrasi ruang bawah tanah atau basement.

Dinding di ruang bawah tanah bisa dibuat lebih fungsional dengan menambahkan pengait di dinding tersebut. Pengait tersebut bisa digunakan untuk menggantung kain, tas, atau aksesori lain.

Dengan demikian, dinding ruang bawah bisa menjadi tempat penyimpanan tambahan yang membuat ruangan lebih rapi dan terorganisir.

Cat dengan warna putih

Terakhir, ide dekorasi dinding ruang bawah tanah yaitu mengecat dinding dengan warna putih. Dinding putih memberikan kesan klasik, namun tetap menarik.

Warna putih membuat ruang bawah tanah terasa luas dan terang. Selain itu, warna putih juga bisa dipadukan dengan berbagai ornamen dekorasi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com