Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan Menggunakan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Kompas.com - 01/11/2023, 11:17 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci merupakan peralatan elektronik yang membantu tuga mencuci pakaian lebih cepat, mudah, dan ringan.

Mesin cuci telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, jika tidak digunakan dengan benar, mesin cuci dapat rusak dan menghambat proses mencuci pakaian. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Intip 4 Tip Memilih Mesin Cuci untuk Keluarga

Untuk menghindari hal ini, penting mengetahui kesalahan penggunaan yang dilakukan.

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (1/11/2023), berikut lima kesalahan menggunakan mesin cuci yang sering dilakukan cara mengatasinya.

Melebihi kapasitas mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci.Shutterstock/New Africa Ilustrasi mesin cuci.
Memasukan pakaian melebihi kapasitas mesin cuci dapat menyebabkan cucian menjadi tidak bersih. Pakaian tidak memiliki ruang cukup untuk bergerak dan detergen tidak dapat menjakau seluruhnya.

Untuk menghindari masalah ini, penting mengikuti petunjuk produsen untuk mengetahui berapa banyak beban atau pakaian yang harus dimasukkan ke mesin cuci.

Secara umum, Anda harus meninggalkan ruang sekitar 20 persen dari kapasitas mesin cuci untuk memungkinkan pakaian bergerak dan berputar secara bebas. Dengan demikian, membuat pakaian menjadi lebih bersih serta bebas bau. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Menutup pintu mesin cuci dengan segera

Selanjutnya, kesalahan menggunakan mesin cuci yang sering dilakukan adalah menutup pintu peralatan segera setelah menggunakannya.

Padahal, hal ini akan menciptakan lingkungan lembap dan hangat, kondisi ini sangat ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri.

Selain itu, menyebabkan mesin cuci menjadi bau apak, pakaian tidak bersih, dan mesin cuci lebih sulit dibersihkan.

Penting membiarkan pintu mesin cuci terbuka selama beberapa jam setelah mengeluarkan pakaian untuk proses sirkulasi udara serta membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. 

Baca juga: 6 Penyebab Mesin Cuci Bukaan Atas Bau, Apa Saja?

Pengaturan mesin cuci yang salah

Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.
Pengaturan mesin cuci yang salah dapat menyebabkan pakaian mengalami kerusakan, seperti penyusutan, memudar, atau robek.

Pakaian yang berbeda tentu memiliki kebutuhan perawatan berbeda. Karena itu, Anda dapat menemukan informasi tentang pengaturan yang tepat dengan memeriksa label perawatan pada pakaian. 

Baca juga: 6 Tanda Mesin Cuci Rusak yang Perlu Diketahui

Tidak membersihkan mesin cuci secara teratur

Mesin cuci yang tidak dibersihkan secara teratur juga menjadi salah satu kesalahan menggunakan mesin cuci yang sering dilakukan. 

Mesin cuci yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menyebabkan penumpukan jamur, lumut, dan deterjen. Hal ini dapat menyebabkan bau apek, pakaian tidak bersih, juga kerusakan pada mesin cuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com