Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Mengeluarkan Suara Bising

Kompas.com - 19/09/2023, 17:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Home Serve


JAKARTA, KOMPAS.comMesin cuci adalah perlengkapan rumah tangga sangat dibutuhkan. Sesuai dengan namanya, alat elektronik ini digunakan untuk membersihkan pakaian kotor.

Dengan menggunakan mesin cuci, maka pekerjaan rumah menjadi lebih mudah dan cepat. Akan tetapi, penggunaan mesin cuci seringkali mengalami kendala.

Salah satunya saat mesin cuci mengeluarkan suara bising. Suara tersebut bisa mengganggu anggota keluarga lain bahkan terdengar hingga ke rumah tetangga.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Berbau Busuk

Hal ini tentu saja membuat Anda kurang nyaman. Dilansir dari Home Serve, Selasa (19/9/2023), suara bising pada mesin cuci bisa disebabkan oleh benda yang berputar di dalam drum mesin cuci, katul saluran air yang rusak, atau akibat mencuci baju melebihi kapasitas.

Jika dibiarkan begitu saja, suara bising yang dihasilkan bisa semakin keras dan mengganggu. Selain itu, tak menutup kemungkinan suara tersebut menjadi tanda adanya kerusakan pada mesin cuci yang perlu segera diperbaiki.

Ilustrasi mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.Opat Suvi Ilustrasi mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.

Apabila mesin cuci yang Anda miliki mengeluarkan suara bising saat digunakan, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Kosongkan isi mesin cuci

Jika mesin cuci mengeluarkan bunyi berdetak, kemungkinan disebabkan oleh benturan pakaian dalam drum mesin cuci.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengeluarkan seluruh isi mesin cuci dan menjalankan kembali dalam kondisi kosong.

Baca juga: Cara Menguras Mesin Cuci Bukaan Depan dan Atas

Jika berhenti, maka Anda bisa mengetahui bahwa suara bising pada mesin cuci diakibatkan oleh pakaian yang sedang dicuci dan bukan menjadi masalah yang serius.

Bersihkan perangkap serat

Biasanya, mesin cuci dilengkapi dengan perangkap serat. Apabila suara bising tidak kunjung hilang, anda bisa mencoba melepaskan perangkap serat dan keluarkan semua kotoran yang menyangkut di dalamnya.

Anda juga bisa mencuci perangkap serat dan wadahnya menggunakan detergen lembut sampai semua kotoran hilang. Langkah ini bisa membantu mencegah penyumbatan di kemudian hari.

Cek bagian bawah segel

Cara mengatasi mesin cuci mengeluarkan suara bising lainnya yaitu dengan melihat bagian bawah segel. Tidak menutup kemungkinan terdapat benda-benda yang tersangkut di area tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci agar Bebas Jamur dan Kuman

Cobalah untuk menarik segel mesin cuci dan buang semua benda atau serat yang ada di bagian bawahnya.

Ilustrasi mesin cuci di kamar mandi.Shutterstock/New Africa Ilustrasi mesin cuci di kamar mandi.

Atur tekanan air

Suara bising pada mesin cuci juga bisa diakibatkan oleh tekanan air yang mengalir ke mesin tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengurangi tekanan air.

Caranya dengan pindahkan mesin cuci menjauh dari dinding. Cari katup untuk air panas dan dingin, lalu putar sekrup pengatur ke kiri untuk mengurangi aliran air.

Ganti katup saluran air

Katup saluran air masuk yang tersumbat juga bisa menyebabkan mesin cuci mengeluarkan suara bising. Maka dari itu, Anda bisa mengecek bagian ini dan membersihkan atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas dan Depan

Jika ingin menggantinya, pastikan untuk membeli katup yang sesuai dengan jenis mesin cuci yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara mengatasi mesin cuci mengeluarkan suara bising. Jika suara bising tidak kunjung hilang, Anda bisa mencoba memanggil teknisi untuk membantu memperbaiki mesin cuci yang Anda miliki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com