Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2024, 18:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan ruangan multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari menerima tamu, berkumpul bersama keluarga, bekerja, hingga bersantai. 

Namun, menjaga agar ruang tamu tetap rapi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, banyak pemilik rumah yang memutuskan untuk melakukan perombakan agar ruang tamu lebih mudah dirawat.

Baca juga: Tren Ruang Tamu yang Ketinggalan Zaman Menurut Desainer

Dilansir dari Livingetc, Selasa (19/3/2024), berikut ini beberapa tips agar ruang tamu minim perawatan, sehingga lebih mudah dan praktis. 

Kurangi aksesori di ruang tamu

Ilustrasi dekorasi ruang tamu dengan lampu lantai atau lampu berdiri. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi dekorasi ruang tamu dengan lampu lantai atau lampu berdiri.

Salah satu cara agar ruang tamu minim perawatan yaitu dengan mengurangi aksesori yang ada di ruang tamu. 

Ornamen dekorasi seperti bantal, vas bunga, selimut, dan dekorasi lain memerlukan perawatan rutin agar tetap bersih dan rapi. Tentu saja hal ini cukup merepotkan. 

Natalie Papier seorang desainer interior menyarankan untuk menyingkirkan barang-barang yang bisa menambah kekacauan. Barang-barang dekoratif cukup diletakkan di bagian tertentu, sedangkan sisanya bisa disingkirkan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Maksimal yang Cantik dan Menarik

Gunakan bantal sofa yang lebar

Selanjutnya, tips agar ruang tamu minim perawatan yaitu menggunakan bantal sofa yang lebar. Bantal yang lebar lebih mudah dirawat dibandingkan bantal yang kecil. 

Selain itu, pastikan isi bantal penuh agar bantal selalu empuk dan nyaman saat digunakan. 

Letakkan sofa dari kulit

Ruang tamu menjadi ruangan yang cukup sering digunakan. Jika memiliki anak-anak maupun hewan peliharaan di rumah, ruangan ini akan mudah kotor. 

Tumpahan makanan hingga bulu hewan peliharaan yang rontok bisa membuat ruang tamu kotor dan berantakan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit Berwarna Putih agar Terlihat Seperti Baru

Maka dari itu, Darrell Gardner, direktur pengembangan produk di CORT, menyarankan untuk menggunakan sofa berbahan kulit karena lebih mudah dibersihkan. 

Selain itu, kulit juga termasuk material yang tak lekang oleh zaman, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sofa kulit juga bisa membuat ruang tamu terlihat lebih cantik dan menawan. 

Menggunakan tempat penyimpanan multifungsi

Ilustrasi rak di ruang tamuShutterstock/Ground Picture Ilustrasi rak di ruang tamu

Tempat penyimpanan multifungsi ternyata bisa membuat ruang tamu lebih minim perawatan. Darrell menyarankan untuk menggunakan furnitur dengan penyimpanan internal yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang dengan rapi. 

Selain itu, manfaatkan juga ruang vertikal dengan rak yang dipasang di dinding, sehingga setiap sudut ruangan bisa dimanfaatkan dengan maksimal. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mengatur Tempat Penyimpanan di Ruang Kecil

Menggunakan furnitur smart home

Terakhir, tips agar ruang tamu minim perawatan yaitu dengan menggunakan furnitur smart home. Cara ini memungkinkan perlengkapan ruangan seperti lampu, tirai, televisi, dan pendingin ruangan bisa nyala dan mati secara otomatis. 

Sistem smart home membuat rumah tetap terawat, meski pemilik sedang sibuk atau sedang tidak berada di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com