Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Japandi, Cocok untuk Rumah Minimalis

Kompas.com - 18/02/2024, 11:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Japandi adalah perpaduan interior Jepang dan Skandinavia. Dekorasi interior Japandi menonjolkan kesan minimalis ala interior Jepang dan hangat seperti desain Skandinavia.

Estetika Japandi berfokus pada kesederhanaan dengan mengutamakan kehangatan dan kenyamanan. Ruangan bergaya Japandi banyak menggunakan material alami, motif garis bersih, dan warna-warna netral.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Bergaya Japandi, Minimalis dan Menenangkan

Desain interior Japandi bisa diterapkan di berbagai ruangan, termasuk ruang tamu. Ruang tamu Japandi biasanya diterapkan di rumah minimalis karena mengutamakan kesederhanaan dan kenyamanan.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (18/2/2024), berikut cara mendekorasi ruang tamu Japandi yang cocok untuk rumah minimalis.

Tampilkan kesan minimalis

Ilustrasi ruang tamu gaya Japandi. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu gaya Japandi.

Desain interior Japandi menganut konsep estetika minimalis. Walaupun demikian, bukan berarti interior Japandi harus dibuat polos dan membosankan.

Interior Japandi juga bisa bermotif, hanya saja motif yang dipilih sederhana, seperti motif garis bersih. Motif sederhana akan membuat ruang tamu Japandi terasa nyaman, hangat, rapi, dan terorganisir.

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Gaya Interior Japandi

Pilih warna netral

Cara mendekorasi ruang tamu Japandi lainnya yaitu menggunakan warna-warna netral. Beberapa warna yang biasa digunakan di desain Japandi, antara lain; krem, putih, dan abu-abu.

Warna tersebut bisa menciptakan ruangan yang tenang dan sejuk. Selain itu, warna netral juga cocok dipadukan dengan warna lain maupun motif yang beragam.

Menggunakan perlengkapan kayu

Kayu merupakan material alami yang sering digunakan di desain Japandi. Selain memberikan kesan alami, material kayu juga bisa memberikan kehangatan di dalam ruangan.

Material kayu bisa digunakan pada furnitur ruang tamu, lantai, pintu, jendela, hingga langit-langit ruangan.

Baca juga: 6 Ide Desain Pintu Kayu, Bikin Rumah Terlihat Menarik

Hiasi ruangan dengan bahan alami yang ramah lingkungan

Selain kayu, cara mendekorasi ruang tamu Japandi juga bisa menggunakan material alami lainnya, seperti bambu, kertas, kapas, dan batu.

Kombinasikan bahan alami bernuansa netral dan berkelanjutan untuk menambah daya tarik dan kedalaman di ruangan.

Nuansa alami yang bisa diterapkan di ruang tamu Japandi, seperti penggunaan lemari rotan, selimut wol, sofa linen, dan karpet goni.

Menghadirkan suasana luar ruangan

Ilustrasi ruang tamu bergaya Japandi. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu bergaya Japandi.

Nuansa alami sangat penting dalam interior bergaya Skandinavia dan Jepang. Salah satu cara membuat ruang tamu Japandi terasa alami yaitu dengan menghadirkan suasana luar ruangan.

Misalnya, menempatkan tanaman hias di sudut ruangan, menggunakan dekorasi kayu, dan mendekorasi ruangan dengan bahan alami lainnya.

Baca juga: 5 Tips Menata Tanaman Hias di Ruang Tamu

Memaksimalkan cahaya alami

Cara mendekorasi ruang tamu Japandi lainnya yaitu memaksimalkan cahaya alami dengan cara membuat jendela lebar. Cahaya yang masuk lewat jendela akan membuat ruang tamu terasa hangat, terang, dan luas.

Pada jendela bisa dipasang tirai untuk menambah estetika dan menjaga privasi di dalam ruangan. Pada rumah Japandi biasanya menggunakan tirai tipis dari bahan kertas atau bambu, sehingga cahaya tetap masuk meski tirai jendela tertutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com