Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Ruang Tamu yang Ketinggalan Zaman Menurut Desainer

Kompas.com - 18/03/2024, 22:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan area yang pertama kali dilihat saat membuka pintu. Maka dari itu, tata letak dan dekorasi ruang tamu penting untuk diperhatikan. 

Tampilan ruang tamu sangat mempengaruhi kesan dan suasana di dalam rumah. Ruang tamu yang cantik dan menarik akan membuat rumah terasa menyenangkan. 

Baca juga: 5 Tren Ruang Tamu 2024 yang Bisa Diikuti

Sebaliknya, ruang tamu yang kurang menarik dan tidak rapi membuat rumah terasa membosankan dan tidak menyenangkan. 

Ruang tamu biasanya didekorasi menyesuaikan tren terkini. Namun, perlu dipahami bahwa tren ruang tamu bisa mengalami perubahan setiap saat. 

Dilansir dari Livingetc, Senin (18/3/2024), berikut beberapa tren ruang tamu yang ketinggalan zaman menurut para desainer. 

Dinding aksen

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding aksen batu bata.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu dengan dinding aksen batu bata.

Dinding aksen seringkali ditampilkan pada ruang tamu. Meski cantik, dinding aksen kini jarang digunakan bahkan sudah banyak ditinggalkan. 

Para desainer kini berfokus menciptakan skema kohesif di rumah yang memungkinkan pusat perhatian berada di seluruh sudut ruangan. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Membuat Dinding Aksen di Rumah

Martha Franco, desainer interior dan arsitek, menyarankan untuk memilih gaya interior yang tahan lama, sehingga bisa menciptakan tampilan abadi. 

Saat ini, skema warna yang dipilih biasanya warna yang tak lekang oleh waktu, sehingga bisa menghadirkan tampilan yang selalu menarik. 

Set furnitur yang serasi

Selanjutnya, tren ruang tamu yang ketinggalan zaman yaitu menggunakan set furnitur yang serasi. Furnitur serasi menampilkan gaya, bahan, hingga warna yang sama atau mirip. 

Martha menyarankan untuk tidak menggunakan furnitur yang serasi. Lebih baik memadukan berbagai gaya dan bahan untuk menambah karakter dan daya tarik visual di dalam ruang tamu. 

Meski demikian, jangan sembarangan saat memadukan berbagai gaya furnitur. Tetap pertimbangkan karakter dan gaya setiap furnitur untuk tampilan yang cantik. 

Baca juga: 5 Tren Furnitur Ruang Tamu yang Bakal Populer di 2024

Desain ruang tamu yang terlalu formal

ilustrasi ruang tamu formalShutterstock/Artazum ilustrasi ruang tamu formal

Ruang tamu merupakan ruangan multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari menerima tamu, bekerja, berkumpul bersama keluarga, hingga bersantai. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com